Legislator :SJSN-BPJS kurang sosialisasi

Jakarta (ANTARA News) - Anggota Komisi IX DPR Surya Chandra Surapaty mengatakan pemerintah kurang melakukan sosialisasi program Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) dan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) sehingga pemahaman masyarakat masih salah.

"Sebagian masyarakat berpikir SJSN adalah sama dengan jaminan kesehatan masyarakat (Jamkesmas) atau jaminan kesehatan daerah (Jamkesda). Itu bukti sosialisasi masih kurang," kata Surya Chandra Surapaty di Jakarta, Senin.

Surya Chandra Surapaty menjadi salah satu penanggap dalam bedah buku "Transformasi Setengah Hati Persero Askes, Jamsostek, Asabri, Taspen ke BPJS Menurut UU BPJS" karya Asih Eka Putri dan AA Oka Mahendra.

Surya mengatakan UU BPJS merupakan upaya optimal pemerintah dan DPR untuk melaksanakan UU SJSN. Meskipun terjadi tarik ulur dan perdebatan panjang saat pembahasannya, dia mengatakan itulah politik.

Menurut dia, dengan adanya BPJS yang bersifat nasional, maka tidak ada lagi jamkesmas atau jamkesda. Masyarakat miskin yang tidak bisa membayar iuran akan dibantu dengan menjadi penerima bantuan iuran (PBI).

"Wacana BPJS daerah itu maunya pemerintah daerah untuk menggantikan Jamkesda," ujarnya.

View this post on my blog

0 comments:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog