Capres alternatif sulit muncul di 2014

Jakarta (ANTARA News) - Direktur Lembaga Pemilih Indonesia (LPI) Boni Hargens menilai calon presiden alternatif sulit muncul karena terkendala tidak adanya kendaraan politik untuk maju dalam Pemilihan Presiden 2014.

"Partai politik kuat saat ini masih didominasi kehendak pimpinannya, dan di sinilah tertutupnya ruang bagi figur capres alternatif," kata Boni kepada ANTARA di Jakarta, Jumat.

Boni mengatakan undang-undang mensyaratkan bahwa capres harus diusung partai politik sehingga sulit bagi mereka maju tanpa dukungan partai. Karena itu menurut dia, belum ada pintu dari partai bagi capres alternatif.

Dia menjelaskan, konvensi yang akan dilakukan Partai Demokrat untuk mendapatkan capres diragukan membuka kesempatan bagi semua orang untuk berpartisipasi. Boni meyakini konvensi tersebut hanya menjadi ajang untuk mencari legitimasi dari masyarakat terhadap calon yang diajukan dari kubu Cikeas.

"Itu (konvensi) adalah strategi Cikeas untuk memberi legitimasi publik dari calon yang sudah mereka siapkan karena tidak ada niat untuk benar-benar menyaring orang," ujarnya.

Sebelumnya berdasarkan survei Centre for Strategic and Internasional Studies (CSIS) tingkat elektabilitas capres Joko Widodo adalah 28,6 persen. Tokoh lain yang disebut, yakni Prabowo Subianto sebanyak 15,6 persen, Aburizal Bakrie 7 persen, Megawati Soekarnoputri 5,4 persen, Jusuf Kalla 3,7 persen, Mahfud MD 2,4 persen, Hatta Rajasa 2,2 persen, dan 28 persen responden belum memiliki pilihan.

Dari segi popularitas, Jokowi paling populer di antara pejabat publik atau pejabat negara lainnya. Popularitas politisi PDI Perjuangan itu sebesar 85,9 persen, mengalahkan Ibu Negara Ny Ani Yudhoyono di angka 78,5 persen.

Pejabat lainnya, yakni Sri Sultan Hamengkubuwono X 59,5 persen, Dahlan Iskan 42,6 persen, Mahfud MD 39,6 persen, Pramono Edhie Wibowo 20,2 persen, Djoko Suyanto 15,2 persen, Gita Wirjawan 8,4 persen, dan lainnya.

View this post on my blog

0 comments:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog