Santan vs Krim Kelapa

Dewi Yanti - Okezone
Jum'at, 31 Mei 2013 21:06 wib
PERNAHKAH Anda mendapatkan resep menggunakan krim kelapa sebagai salah satu bahannya? Krim kelapa berbeda dengan santan kental. Namun, Anda bisa menggantikannya dengan campuran santan.

Berikut perbedaan antara santan dengan krim kelapa dan pengganti krim kelapa untuk hidangan Anda, seperti diulas Whatscookingamerica:

Santan
Santan tidak ditemukan di dalam air kelapa, tapi merupakan krim encer yang didapat dari proses memeras parutan daging kelapa. Santan kaya rasa, dan merupakan bahan pokok pembuatan hidangan kari, minuman, saus, sup, dan beberapa hidangan penutup di Asia Tenggara, termasuk jajanan pasar di Indonesia. Santan tawar banyak tersedia dalam kemasan kaleng atau kotak di toko kelontong dan pasar. Santan tidak dapat mengganti krim kelapa.

Krim kelapa
Krim kelapa bertekstur lembut, berupa cairan kental yang terbuat dari kelapa segar. Krim kelapa terbuat dari daging buah kelapa segar yang diambil santannya, kemudian disimpan pada suhu dingin untuk memisahkan antara minyak dan air.

Tekstur krim kelapa sangat kental dan terasa manis, umumnya digunakan sebagai campuran minuman. Biasanya dijual di toko-toko minuman keras, tersedia dalam bentuk cair dan bubuk.

Pengganti krim kelapa:
Beberapa pengganti krim kelapa, di antaranya:
- Susu kental manis dengan ekstrak kelapa secukupnya
- 1 cangkir lapisan atas dari santan cair (bukan rendah lemak), jangan digoyang atau diaduk sebelum skimming
- 1 cangkir krim kental kambing (35%) ditambah 1/2 cangkir bubuk santan
(ftr)

View this post on my blog

0 comments:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog