Caleg Jangan Takut Publikasikan Dana Kampanye

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengamat pemilu dari Perkumpulan Pemilu dan Demokrasi (Perludem) Titi Anggraini mengatakan, caleg yang akan maju dalam Pemilu 2014 tidak perlu takut memublikasikan dana kampanyenya. Publikasi dana kampanye menjadi indikasi caleg mendukung pelaksanaan pemilu yang transparan. Hal itu dikatakan Titi dalam diskusi "Membedah Dana Caleg di Balik Partai Politik" di Komisi Pemilihan Umum, Jumat (31/5/2013).

"Nah, pentingnya transparansi dan akuntabilitas setiap calon dan partai. Menurut saya, tak perlu takut kalau itu dana yang bersumber dari dana yg jelas," katanya.

Selain itu, kata Titi, transparansi dana kampanye caleg juga akan menepis prasangka buruk dari masyarakat terhadap caleg tersebut. "Selain itu juga sebagai upaya pendidikan politik yang sehat kepada masyarakat. Juga memberikan pendidikan politik yang baik juga bagi para caleg," ujar Titi.

Sebagai contoh, Titi mengatakan, pelaksanaan pemilu di Amerika Serikat membebaskan partai politik dan calegnya untuk menggunakan dana kampanye dalam jumlah besar. Namun, masyarakat dapat tetap mengontrol penggunaan dana kampanye yang dikeluarkan oleh parpol dan caleg. Kesadaran memublikasikan dana kampanye di negara itu sudah tinggi.

"Kita sangat penting belajar pemilu di Amerika. Uang untuk kebebasan, kompetisi dibebaskan sebebasnya, tapi kompetisinya bersaing sehat. Nah, di sini dominasi uang sangat tinggi karena kompetisi berjalan tidak sehat," papar Titi.

Editor : Inggried Dwi Wedhaswary

View this post on my blog

0 comments:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog