Mexican Coffee Bun Mana yang Empuk Wangi?

Jakarta - Saat melewati gerai roti gaya Meksiko ini dijamin pasti tergoda. Semerbak aroma mentega dan kopi dari roti yang sedang dipanggang tercium hingga radius beberapa meter. Bagian luarnya renyah manis, dalamnya lembut dengan lumeran mentega. Wah!

Mexican Coffee Bun merupakan roti dengan aroma kopi yang semerbak. Konon bentuknya yang bulat dan berisi mentega ini menyerupai roti buns khas Mexico. Mexican bun ini pertama kali diperkenalkan di Penang, Malaysia.

Adonan roti ini terbuat dari tepung terigu, ragi, telur, susu, mentega dan sedikit garam. Semua bahan ini dicampur dan diaduk hingga kalis. Biasanya dibentuk bulat dan dibiarkan beberapa saat hingga mengembang. Uniknya sebelum dipanggang permukaan roti ditambahkan dengan sweet pastry, terbuat dari gula, mentega dan kopi. Sweet pastry ini akan lumer saat dipanggang dan mengeras renyah saat matang.

Roti yang satu ini punya kelebihan tersendiri. Pasalnya selalu disajikan fresh from the oven, selalu dalam keadaan panas saat dijual. Bahkan kadang pembeli harus menunggu roti matang. Gerai Mexican coffee bun selalu dilengkapi dengan oven besar dan lemari pendingin untuk menyimpan aonan. Semerbak aroma kopi inilah yang selalu memikat pembeli.

Ada beberapa gerai Mexican bun di Jakarta dengan citarasa yang berbeda. Detikfood mencoba mencicipi tiga outlet Mexican coffee bun ternama di Jakarta. Rotiboy Bakeshoope, outlet Mexican bun berlogo koki ini merupakan yang pertama di Jakarta. Mexican bunnya dijual seharga Rp. 7.000 per buah.

Rotinya berbentuk bulat dengan lelehan sweet pastry yang terlihat melingkar. Sekilas aroma kopinya terendus dan beradu dengan aroma gurih butter lumer dari isiannya. Terasa garing dan manis. Tekstur dalamnya agak basah dan cukup lembut dengan rasa manis dan gurih yang enak.

Sedangjan Mexican coffee bun dari Papabunz (Rp. 6.500) sedikit berbeda. Bentuknya bulat namun lebih pipih, agaknya sweet pastry diberikan royal sehingga meluber di keliling roti. Mexican coffee bun ini juga berisi butter.

Aroma kopinya benar-benar semerbak. Saat digigit, permukaan roti yang kering terasa renyah manis. Gurihnya butter juga bisa dirasakan saat menggigit hingga ke bagian dalamnya. Sangat cocok dipadukan dengan adonan roti yang empuk dan berwarna putih pucat.

Tak kalah menarik Mexican coffee bun buatan Roti'O (Rp. 7.000). Tampilannya sangat mirip dengan buatan Rotiboy, baik bentuk maupun warnanya yang agak cokelat. Mexican coffee bun ini juga diberikan sweet pastry yang lumer, kering dan tampak lebih rapi. Untuk bagian dalamnya terdapat rongga kecil dan berisi butter yang melelh.. Rotinya padat empuk.

Ternyata Mexican coffee bun yang cocok di lidah kami adalah racikan Rotiboy. Pasalnya, tektur permukaan roti yang kering tidak terlalu manis dan aroma kopinya tak berlebihan. Serasi dengan gurih isian butter-nya.

Kalau melewati gerai roti Meksiko ini dan mencium aroma semerbak kopi, jangan segan mampir. Beli satu roti dan nikmati paduan renyah manis, lembut gurih yang menyatu di mulut. Hmm...yummy!

Rotiboy
Mal Taman Anggrek
Ground Level #E11
Jl. Letjen.S Parman
Jakarta, Indonesia021 5639993

Bandara Soekarno Hatta Terminal 2F
Food Garden #A1-A
Jakarta, Indonesia021 55911078

Roti'O
Metropolis Town Square
Jl. Hartono Raya Modernland,
Kota Tangerang 15117

Gajah Mada Plaza
Jl Gajah Mada No 19-26,
Daerah Khusus Ibukota JaKarta

Papabunz
Semanggi Plaza, G Fl Unit 185,
Jl. Jend. Sudirman Kav. 50, Jakarta

Arion Plaza, 1st Fl,
Jl. Pemuda Kav. 3 - 4, Jakarta


(odi/dyh)



Powered By WizardRSS.com | RFID Wallet Blocking Cards

View this post on my blog

0 comments:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog