China Minat Beli Tunai Produsen Daging Babi AS

BEIJING, KOMPAS.COM — Perusahaan produsen daging babi terbesar di China, Shuanghui International, berencana membeli salah satu perusahaan produsen sejenis di Amerika Serikat, Smithfield Foods, senilai 4,7 miliar dollar AS. Shuanghui bahkan menawarkan akan membayar secara tunai menyusul semakin meningkatnya kebutuhan konsumen daging babi di China belakangan ini.

Jika disetujui, proses itu akan menjadi proses pengambilalihan perusahaan termahal AS oleh pesaingnya dari China. Dalam beberapa tahun terakhir jumlah perusahaan China pengakuisisi perusahaan AS memang semakin bertambah.

Sementara di dalam negeri Paman Sam sendiri kalangan legislatif dan pemerintahnya terus berupaya menghalangi praktik-praktik macam itu karena dianggap membahayakan kepentingan dan keamanan nasional.

Kebutuhan konsumen China sendiri diketahui lebih karena kebutuhan akan jaminan produk makanan yang aman untuk dikonsumsi menyusul berbagai skandal produk makanan beracun produsen China sendiri. Konsumen China merasa produk makanan produsen asing jauh lebih bisa diandalkan dan dipercaya keamanannya. Salah satu skandal produk makanan terburuk terjadi di China tahun 2008 ketika 300.000 bayi jatuh sakit setelah mengonsumsi susu bubuk tercemar bahan kimia melamin. (BBC/DWA)

 

Editor : Egidius Patnistik

View this post on my blog

0 comments:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog