Kemenperin terus dorong pengembangan industri fashion

Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Perindustrian terus mendorong pengembangan di sektor industri fashion, terutama busana muslim karena dapat dikembangkan menjadi sektor unggulan Indonesia.

"Melalui dukungan pelaksanaan Indonesia Islamic Fashion Fair (IIFF) 2013, diharapkan target Indonesia menjadi basis atau kiblat fashion dunia pada 2020 dapat tercapai. Terlebih lagi, Indonesia sebagai negara dengan kekuatan ekonomi ke-15 terbesar di dunia dan negara berpenduduk muslim terbesar di dunia," ujar Dirjen IKM Kementerian Perindustrian Euis Saedah dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat.

Menurut dia, Euis, industri kreatif khususnya fashion busana muslim cukup tangguh dan terus berkembang pesat meskipun kondisi saat ini penuh tantangan dan masih adanya ketidakpastian ekonomi global.

"Pertumbuhan industri fashion pada tahun ini diharapkan dapat mencapai 8 persen. Bahkan posisi industri fashion mampu dan menduduki ranking dua setelah industri kuliner," katanya

Ia mengatakan industri kreatif telah memberikan sumbangan cukup besar terhadap PDB hingga Rp573,5 triliun dengan dukungan kontribusi industri fashion sebagai urutan kedua sekitar 30 persen atau mencapai Rp164,7 triliun setelah industri kuliner dari 15 jenis industri kreatif.

Pengembangan industri fashion, lanjutnya, merupakan bagian dari upaya pemajuan ekonomi kreatif. Pemajuan ekonomi kreatif sendiri memiliki keunggulan jangka panjang karena berbasiskan sumber daya yang tidak pernah habis dan senantiasa terbarukan yaitu kreativfitas bangsa.

"Pengembangan industri fashion juga merupakan akses penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi. Daya saing dan produktivitas industri fashion selain ditentukan kreasi dan corak yang beragam, juga ditentukan oleh penggunaan bahan bermutu dan ramah lingkungan yang menuntut inovasi ilmu pengetahuan dan teknologi," ujar dia.

Selain itu, menurut dia, pengembangan industri fashion diupayakan dapat memfasilitasi perluasan kegiatan wirausaha baru serta lapangan kerja yang makin luas dan berkualitas.

Kegiatan Indonesia Islamic Fashion Fair (IIFF) 2013 merupakan pergelaran fashion busana muslim yang diadakan untuk keempat kalinya. Dengan mengusung tema "Style Unlimited!", IIFF tahun ini diikuti sebanyak 182 peserta yang akan meramaikan pameran selama empat hari pada tanggal 30 Mei--2 Juni 2013 di Jakarta Convention Center.(*)

View this post on my blog

0 comments:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog