Atasi Siena, Milan Lolos ke Liga Champions

Siena - AC Milan dipaksa berjuang ekstra keras ketika menghadapi Siena di giornata 38 Seri A. Sempat tertinggal dulu, Rossoneri menang 2-1 dan dipastikan lolos ke Liga Champions.

Bertandang ke Artemio Franchi-Montepaschi Arena, Senin (20/5/2013) dinihari WIB, Milan kebobolan satu gol di babak pertama. Sundulan Claudio Terzi membuat Siena unggul 1-0 hingga turun minum.

Di babak kedua, Milan menggempur habis-habisan tim tuan rumah. Hasilnya, penalti Mario Balotelli dan tembakan Philippe Mexes memastikan Il Diavolo Rosso mendapatkan tiga angka.

Hasil ini mengamankan posisi Milan di urutan ketiga klasemen akhir. Mereka mengumpulkan total 72 poin, unggul dua poin atas Fiorentina, yang pada pertandingan lainnya membantai Pescara 5-1. Mereka pun lolos ke Liga Champions musim depan kendati harus lewat babak play-off.

Sementara itu, Siena yang sudah dipastikan terdegradasi tetap di posisi ke-19 dengan koleksi 30 poin.

Jalannya Pertandingan

Di menit-menit awal, Milan mengancam lewat Robinho dan Balotelli. Namun, percobaan yang dilakukan keduanya bisa diantisipasi oleh kiper Gianluca Pegolo.

Milan punya kesempatan di menit kelima. Usai menerima umpan dari Ignazio Abate, Antonio Nocerino melepaskan tembakan, tapi arahnya masih melambung.

Tim tamu masih mendominasi, namun tampak kesulitan membongkar pertahanan Siena. Tusukan Robinho di menit ke-21 tak berujung gol karena sepakannya bisa diamankan Pegolo.

Siena yang lebih banyak bertahan malah bisa unggul empat menit kemudian. Berawal dari situasi bola mati, umpan Alessandro Rosina ditanduk Terzi ke dalam gawang Milan yang dikawal oleh Christian Abbiati.

Milan nyaris menyamakan kedudukan di menit ke-28. Balotelli menyundul umpan silang Abate dari sisi kanan, tapi bola mengenai mistar.

Peluang yang didapat Balotelli beberapa saat sebelum turun minum juga tak berbuah gol. Tendangan bebas yang dieksekusinya mampu diantisipasi oleh Pegolo.

Untuk menambah daya gedor, Milan memasukkan Giampaolo Pazzini dan Stephan El Shaarawy di babak kedua. Tapi, masuknya dua pemain ini belum membuahkan hasil. Sundulan El Shaarawy di menit ke-66 masih melambung.

Milan kehilangan Massimo Ambrosini di menit ke-69 karena sang kapten menerima kartu kuning kedua. Ambrosini dianggap melakukan pelanggaran keras terhadap Adrian Calello.

Tapi, tak berselang lama, Siena juga bermain dengan sepuluh orang pemain. Christian Terlizzi diganjar kartu kuning kedua karena mengasari Pazzini.

Milan mengajukan klaim penalti di menit ke-71 setelah Balotelli dijatuhkan di area terlarang. Namun, wasit tak mengabulkannya.

Milan benar-benar mendapatkan tendangan 12 pas di menit ke-83 menyusul pelanggaran Felipe terhadap Balotelli. Balotelli sendiri yang maju sebagai algojo dan berhasil menaklukkan Pegolo.

Drama berlanjut empat menit kemudian. Mexes yang maju membantu serangan menembak dari dalam kotak penalti Siena. Pegolo bisa menahannya, tapi bola rebound mengarah ke Mexes lagi dan percobaan kedua bek asal Prancis itu membuahkan gol buat Milan. Siena 1, Milan 2.

Susunan Pemain
Siena: Pegolo, Terzi, Terlizzi, Felipe, Vitiello, Calello, Bolzoni, Della Rocca, Rubin (Bogdani 89'), Rosina (Agra 61'), Emeghara (Paci 76')

Milan: Abbiati, Abate (Constant 78'), Zapata, Mexes, De Sciglio, Nocerino (El Shaarawy 60'), Ambrosini, Montolivo, Niang (Pazzini 46'), Balotelli, Robinho

(mfi/cas)

View this post on my blog

0 comments:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog