Bunuh Diri di Pabrik Foxconn Masih Berlanjut

Zhengzhou - Kasus bunuh diri di pabrik Foxconn ternyata belum berhenti meski perbaikan situasi kerja sudah dilakukan. Menurut sebuah laporan yang dirilis dari China Labor Watch, satu lagi karyawan Foxconn yang memutuskan untuk mengakhiri hidupnya dengan cara tragis tersebut.

Seperti dikutip dari PatentlyApple, Minggu (19/5/2013), tragedi ini terjadi di pabrik Zhengzhou, tempat dirakitnya iPhone. Diberitakan, karyawan yang meninggal dunia ini adalah karyawan ketiga dari pabrik yang sama yang melompat dari gedung dalam 20 hari terakhir.

Alasan di balik bunuh diri itu belum jelas. Namun beberapa pihak menduga kejadian itu berkaitan dengan kebijakan "silent mode", di mana para pekerja mendapat ancaman akan diberhentikan jika mereka berbicara di tempat kerja.

Sebelumnya, China Labor Watch juga menurunkan laporan akan kasus yang sama, akan tetapi kejadian bunuh diri ini terjadi di pabrik Huizhou milik Samsung.

Apple sendiri sejatinya suduh turun tangan akan kondisi kerja yang memprihatinkan di Foxconn. Selain CEO Apple Tim Cook sendiri sudah menyambangi secara langsung pabrik Foxconn untuk berdikusi mengenai situasi kerja di sana, Apple juga telah membagi pesanan mereka antara Foxconn dan Pegatron.


(sha/sha)



Powered By WizardRSS.com | Full Text RSS Feed | Amazon Plugin Wordpress | Android Forums | Wordpress Tutorials

View this post on my blog

0 comments:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog