Santan Segar Paling Cocok untuk Hidangan Penutup

Dewi Yanti - Okezone
Kamis, 16 Mei 2013 05:10 wib
HAI Chef…Saya Sela (26 tahun). Saya pernah membuat dessert dengan kuah santan, namun hasilnya mudah basi jika terlalu lama di suhu ruangan. Bagaimana mengatasinya, Chef? Terima kasih.

Sela-Jakarta

Jawab:
Ada dua pilihan santan yang bisa Anda gunakan untuk masakan, yaitu santan dari kelapa segar atau santan dalam kemasan kotak. Keduanya bisa Anda gunakan untuk membuat hidangan penutup (dessert) atau masakan bersantan lainnya.

Khusus untuk dessert dengan kuah santan encer, seperti pada water chestnut, kolak santan, dan cendol, sebaiknya gunakan santan dari kelapa segar. Walaupun sebenarnya Anda bisa memilih santan dari kemasan kotak, terbaik adalah yang segar.

Biasanya kuah santan yang digunakan berwarna putih dengan gula pasir sebagai pemanis. Kecuali jika Anda menambahkan pasta pandan untuk mempercantik penampilannya.

Santan dimasak dengan gula pasir dalam jumlah banyak agar rasanya manis dan hasilnya lebih transparan. Gula pasir pada masakan kuah santan juga akan mengawetkan kuah santan sehingga bisa bertahan lebih lama jika Anda hanya meletakkannya di suhu ruangan.

Rasa kuah yang lebih manis tidak masalah, karena bila Anda telah memasukkan es batu, kadar manisnya akan berkurang.

Chef Sumet Sumpachanyanont
Thai Sous Chef & Consultant Mandarin Oriental Bangkok
(ftr)

View this post on my blog

0 comments:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog