Presiden Iran batalkan kunjungan ke Thailand karena kesibukan

Teheran, Iran (ANTARA News) - Presiden Iran Mahmud Ahmadinejad yang dijadwalkan akan menghadiri forum keamanan air di Thailand telah membatalkan perjalanan karena jadwalnya yang padat, kata anggota kantor media presiden Sabtu.

"Ahmadinejad tidak dapat menghadiri forum karena volume kerjanya ... meskipun demikian delegasi Iran akan dipimpin oleh Kepala Lingkungan Organisasi Perlindungan, Mohammad Javad Mohammadizadeh," kata Mohammad Sheikhan seperti dikutip oleh kantor berita ISNA, lapor AFP.

Seorang pejabat kedutaan besar Iran di Bangkok mengatakan sebelumnya bahwa Ahmadinejad akan berpidato pada forum itu pekan depan, sebulan sebelum mengakhiri masa jabatannya yang kedua dan terakhir sebagai presiden.

Perjalanan Ahmadinejad ke kota Thailand utara, Chiang Mai dijadwalkan pada saat Iran bersiap untuk menghadapi pemilihan umum dan pada saat kekuatan dunia menekan republik Islam itu menyangkut program nuklir yang dicurigai dan dukungannya untuk rezim Suriah.

Persaingan untuk kantor tertinggi Iran terpilih meningkat sejak mantan Presiden Akbar Hashemi Rafsanjani dan perunding nuklir Saeed Jalili resmi terdaftar sebagai peserta pemilu 14 Juni.

Ahmadinejad telah menyetujui pembantu kontroversialnya dan mantan kepala staf Esfandiar Rahim Mashaei.

Perundingan nuklir antara Iran dan badan atom PBB gagal mencapai terobosan lagi Rabu, saat diplomat tertinggi AS dalam perundingan enam pihak yang terpisah memperingatkan kesabaran Washington mulai menipis.

Iran juga telah datang di bawah tekanan atas konflik yang merobek sekutunya Suriah dan telah berulang kali menolak seruan untuk intervensi asing dalam perang saudara yang semakin brutal itu. (AK)

View this post on my blog

0 comments:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog