Peracik Kopi Indonesia Masih Kalah dengan Singapura

Mutya Hanifah - Okezone
Rabu, 8 Mei 2013 16:13 wib
MESKI barista Indonesia berhasil masuk kompetisi barista tingkat dunia yang tidak mudah, ternyata kemampuan barista negeri ini masih dianggap di bawah rata-rata. Mengapa demikian?

Doddy Samsura memang berhasil membanggakan nama bangsa dengan menjadi wakil Indonesia dalam ajang World Barista Competition 2013 di Australia. Namun, menurut pakar kopi Tuti Mochtar, kemampuan barista di Indonesia masih banyak yang harus diperbaiki.

"Kemampuannya masih di bawah tingkat ASEAN, dengan Singapura saja masih kalah," kata Tuti usai jumpa pers Miss Coffee Indonesia 2013 di Jakarta, Rabu (8/5/2013).

"Barista Singapura itu punya pengetahuan tentang kopi yang mumpuni. Itu yang kurang dari barista-barista di Indonesia," ujarnya.

Menurutnya, seorang barista tidak hanya harus mengetahui teknik-teknik mengolah kopi, tapi juga memiliki pengetahuan mendalam mengenai kopi yang akan diraciknya.

"Kalau teknik tidak perlu dipertanyakan. Teknik itu bisa dipelajari lewat buku, dan barista Indonesia memang kebanyakan masih text book," tukasnya. (ftr)

View this post on my blog

0 comments:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog