Jatah pemberangkatan calon haji Sumsel berkurang

Palembang (ANTARA News) - Jatah pemberangkatan calon jamaah haji Indonesia termasuk Sumatera Selatan pada 2013 ini jumlahnya berkurang, karena adanya keputusan pemerintah Arab Saudi.

Kasubag Humas Kanwil Kementerian Agama Sumatera Selatan Saefudin kepada wartawan di Palembang, Sabtu mengatakan, memang seluruh provinsi termasuk Sumsel jatah pemberangkatan dikurangi.

Berdasarkan hasil rapat di Jakarta yang dihadiri Kakanwil Kementerian Agama Sumsel Najib Haitami beberapa hari lalu untuk pemberangkatan calon jamaah haji daerah ini menjadi 5.040.

Padahal tahun-tahun sebelumnya jatah pemberangkatan calon jamaah haji Sumsel rata-rata 6.300 orang pertahun.

Begitu juga tenaga pendamping jumlahnya akan dikurangi mengingat calon jamaah haji yang antri sekarang ini cukup banyak.

Namun, bagi calon jamaah haji sudah melunasi tetapi belum dapat berangkat, maka terpaksa pemberangkatannya pada musim haji tahun mendatang.

Ia menambahkan, walaupun pemberangkatanya tahun mendatang tetapi biaya tetap seperti tahun ini, karena mereka sudah melunasi.

Sebelumnya Kakanwil Kementerian Agama Sumsel Najib Haitami mengatakan, adanya pengurangan tersebut karena keterlambatan penyelesaian rehabilitasi Masjidil Haram, sehingga jumlah daya tampung tempat Tawaf menjadi berkurang.

Hal ini karena sebelum perbaikan mampu menampung 48.000 jamaah perjam, dan saat ini hanya 22.000 jamaah perjam, katanya.

(U005/M033)

View this post on my blog

0 comments:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog