Oduamadi Pencetak Hat-trick Kesembilan di Piala Konfederasi

Belo Horizonte - Sepanjang sejarah Piala Konfederasi, ada sembilan pemain yang bisa membuat (minimal) hat-trick. Orang kesembilan itu adalah Nnamdi Oduamadi, yang mencetaknya untuk Nigeria tadi malam.

Pada pertandingan Grup B di Estadio Mineirao, Belo Horizonte, Selasa (18/6/2013) dinihari WIB, Nigeria mengalahkan Tahiti dengan skor telak 6-1, dan Oduamadi mengukir tiga gol di antaranya.

Gol-gol penyerang 22 tahun itu tercipta di menit 10, 26, dan 76, yang sekaligus menjadikannya top skorer sementara di turnamen ini.

Oduamadi, yang hak kepemiliknya dipegang bersama AC Milan dan Genoa, tapi musim lalu dipinjamkan ke klub Serie B Varese, adalah orang kesembilan yang pernah melakukan hat-trick di Piala Konfederasi sejak 1997.

Yang pertama kali membuatnya adalah Vladimir Smicer (Republik Ceko), saat timnya menyikat Uni Emirat Arab 6-1 di babak grup pada 17 Desember 1997.

Ronaldo dan Romario mengikuti rekor Smicer ketika mereka berdua tampil bersama Brasil di final 1997 melawan Australia. Tiga gol dari masing-masing kedua pemain itu membawa tim Samba menang 6-0 dan menjadi juara.

Ha-trick keempat ditorehkan Cuauhtemoc Blanco (Meksiko) di Piala Konfederasi 1999, pada 25 Juli, kala timnya menundukkan Arab Saudi 5-1. Faktanya, ia membuat lebih dari tiga gol, melainkan empat.

Uniknya, empat hari setelah timnya dikalahkan Meksiko, pemain Arab Marzouk Al-Otaibi berhasil mengikuti Blanco, yaitu mencetak empat gol. Itu terjadi saat Arab menekuk Mesir 5-1. Sampai saat ini hanya Blanco dan Al-Otaibi yang pernah mengemas empat gol dalam satu laga di Piala Konfederasi.

Pencetak hat-trick keenam adalah Ronaldinho (Brasil) di semifinal 1999 (ke gawang Arab Saudi, menang 8-2). Selanjutnya adalah Carlos Figueroa dari Argentina, kala mengalahkan Australia 4-2 di babak grup Piala Konfederasi 2005 di Jerman.

Fernando Torres adalah satu-satunya pemain yang menciptakan hat-trick di Piala Konfederasi 2009 di Afrika Selatan. Ia melakukannya ketika Spanyol mengatasi Selandia Baru 5-0 di babak grup.

(a2s/rin)

View this post on my blog

0 comments:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog