Hassan Rohani Janjikan Perubahan untuk Rakyat Iran

TEHERAN, KOMPAS.com — Presiden Iran terpilih Hassan Rohani, menjanjikan perubahan yang diinginkan warga Iran setelah delapan tahun diperintah kelompok konservatif.

Dalam salah satu langkahnya setelah disahkan sebagai pemenang pemilihan presiden, Rohani menemui pemimpin tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei, sebelum menuju ke makam pendiri Republik Islam Iran, Ayatollah Ruhollah Khomeini untuk memberikan penghormatan.

Lalu, di depan para pendukungnya, Rohani menyampaikan janji perubahannya yang selama berada di bawah kepemimpinan Mahmoud Ahmadinejad harus hidup dalam kesulitan ekonomi akibat sanksi internasional untuk mendesak Iran menghentikan program nuklirnya.

"Ini adalah awal dari sebuah langkah yang akan membawa perubahan yang diinginkan rakyat di bidang ekonomi, budaya, sosial, dan politik," kata Rohani seperti dikutip kantor berita ISNA.

Namun, Rohani mengingatkan, perubahan yang dijanjikannya tak bisa terwujud dalam satu malam.

Oleh karena itu, Rohani menyerukan agar parlemen yang didominasi politisi konservatif memperbaiki kerja sama dengan pemerintah, setelah hubungan yang buruk selama masa pemerintahan Ahmadinejad.

Dalam janji kampanyenya, Rohani akan fokus untuk berhubungan kembali dengan Barat terkait program nuklir Iran, sementara di dalam negeri, Rohani akan membentuk kabinet yang berisi politisi moderat dan teknokrat.

Rohani juga berjanji pemerintah akan lebih memperhatikan rakyat miskin negeri itu yang hidupnya semakin sulit akibat sanksi ekonomi internasional.

 

Sumber : AFP

Editor : Ervan Hardoko

View this post on my blog

0 comments:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog