IMF pangkas proyeksi pertumbuhan Jerman jadi 0,3 persen

Frankfurt (ANTARA News) - Dana Moneter Internasional pada Senin memangkas proyeksi pertumbuhan Jerman tahun ini, namun memperkirakan bahwa ekonomi terbesar Eropa itu akan mengalami pemulihan pada semester kedua 2013.

"Di tengah masih tingginya ketidakpastian kawasan euro, kami sekarang memproyeksikan PDB (Produk Domestik Bruto) di Jerman akan tumbuh sekitar 0,3 persen pada 2013, dibandingkan dengan perkiraan sebelumnya sebesar 0,6 persen," kata IMF dalam sebuah pernyataan.

Pertumbuhan tahun ini "diperkirakan menjadi lemah," kata IMF.

"Namun demikian, di tengah fundamental domestik yang kuat, pemulihan dalam kegiatan di Jerman diperkirakan pada semester kedua 2013."

Tetapi IMF menambahkan bahwa "kenaikan `rebound` yang lebih kuat sedang tertahan kembali oleh terus melemahnya investasi bisnis."

Sementara "konsumsi telah kuat" dan "fundamental domestik terus tetap kuat serta reformasi terakhir telah selesai seperti terlihat dalam pengangguran yang rendah ... investasi bisnis telah menurun sejak akhir 2011," kata organisasi itu.

Ketidakpastian tentang prospek kawasan euro dalam menghadapi resesi yang sedang berlangsung telah memukul ekspor dan investasi bisnis, kata IMF.

Sebuah kenaikan bertahap dalam kegiatan diproyeksikan menjelang akhir tahun dengan "syarat terjadi pengurangan lebih lanjut dan nyata dalam ketidakpastian dan pemulihan bertahap di seluruh kawasan euro," katanya dikutip AFP.

(A026)

View this post on my blog

0 comments:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog