2014, Smartfren Migrasi dari CDMA ke LTE

Jakarta - Smartfren Telecom memastikan mulai awal 2014 akan segera migrasi dari jaringan seluler CDMA 3,5G ke layanan seluler 4G berbasis teknologi Long Term Evolution (LTE) begitu regulasinya memungkinkan.

"Kami secara alamiah terdorong ke sana. Jaringan kami sudah 3,5G, dan tahun depan sudah bisa 4G LTE," kata Djoko Tata Ibrahim, Deputy CEO Smartfren di FX, Jakarta, Selasa (11/6/2013).

Menurutnya, dengan arsitektur jaringan yang dimiliki Smartfren untuk menunjang layanan data, Djoko yakin pihaknya bisa dengan mudah switching ke jaringan LTE karena kanal yang dimiliki di 1.900 MHz sangat memungkinkan untuk migrasi.

"Kami di data bisa lari duluan dibanding operator seluler GSM lain yang jaringan datanya belum seoptimal kami karena masih harus migrasi 3G. Untuk data, kami punya sembilan kanal, lima dari Smart dan empat dari Fren," katanya.

Terkait migrasi 3G yang tengah dilakukan oleh lima operator seluler GSM di 2,1 GHz, menurutnya tidak ada langkah drastis yang harus dilakukan Smartfren terkait interferensi dengan jaringan PCS 1.900.

"Tidak banyak yang kami lakukan. Kita cuma ubah antena di lapangan supaya tidak frontal saja," pungkas Djoko.

(rou/rns)



Powered By WizardRSS.com | RFID Wallet Blocking Cards

View this post on my blog

0 comments:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog