Tour de Singkarak 2013 libur sehari

Muara Labuh (ANTARA News) - Kejuaraan balap sepeda internasional Tour de Singkarak (TdS) 2013 yang diprakarsai oleh Kemenparekraf libur sehari setelah menyelesaikan lima dari tujuh etape yang telah dijadwalkan.

Etape terakhir atau kelima yang baru saja diselesaikan oleh semua pebalap dari 21 negara itu adalah dari Sawahlunto menuju Muara Labuh Kabupaten Solok Selatan, Kamis, dengan jarak tempuh 138,5 km.

Di etape ini, pebalap Tabriz Petrochemical Cycling Team (TPT) Iran Amir Kolahdozhagh menjadi yang tercepat dengan waktu 03.39.56 disusul rekan satu timnya Ghader Mizbani dengan waktu yang sama.

Posisi tiga, Oscar Pujol Munoz dari Polygon Sweet Nice dengan waktu 03.47.59.

Dengan adanya libur sehari, yaitu Jumat (7/6), akan digunakan oleh pebalap untuk melakukan recovery pascapenyelesaian lima etape yang hampir semuanya dinilai berat. Terbukti, hingga etape lima tinggal menyisakan 108 dari 134 pebalap yang terdaftar.

"Besok libur. Ini kesempatan untuk melakukan recovery setelah menyelesaikan lima etape," kata pemegang green jersey Jerry Aquino dari Tim 7 Eleven Filipina usai menyelesaikan etape lima.

Pebalap muda asal Filipina itu mengaku waktu istirahat yang diberikan oleh penyelenggaran akan dimanfaatkan sebaik mungkin. Apalagi akan ada dua etape yang memiliki karakter cepat dibandingkan etape sebelumnya.

Begitu juga dengan pebalap Timnas Indonesia. Libur satu hari akan digunakan untuk mematangkan persiapan untuk menghadapi dua etape berikutnya, termasuk mempertahankan posisi tim pada tiga besar klasemen umum.

"Setiap etape persiapannya jelas berbeda. Maka, harus dipersiapkan dengan baik," kata ofisial Timnas Indonesia Teguh Eko setelah mendampingi timnya di etape lima.

Etape enam dari Padang Parimanan menuju Painan, Sabtu (8/6), sejauh 144,5 kilometer hampir didominasi lintasan datar meski terdapat dua titik KOM, yaitu di KM 77 dan KM 91,5. Selain itu, juga terdapat dua titik sprint, yaitu di KM 31,5 dan KM 62.

Etape tujuh dari Padang Pariaman yang dilanjutkan dengan Padang Circuit, Minggu (9/6), akan menempuh jarak sejauh 143,5 km. Di etape ini ada tiga titik sprint, yaitu di KM 39,5, KM 110,5, dan KM 127 serta satu titik KOM di KM 57,5.

"Saya akan berusaha mempertahankan green jersey. Maka, kami akan memaksimalkan kesempatan yang ada," kata pebalap dengan nomor start 72 ini.

Tour de Singkarak 2013 hingga etape lima belum ada pebalap yang mampu memenangi perlombaan dua kali. Setiap etape yang telah dijalani selalu dimenangkan oleh orang yang berbeda. Namun, Tabriz Petrochemical Cycling Team (TPT) telah menempatkan dua pebalap di posisi tertinggi.

Tim asal Iran ini menempatkan Hossein Askari sebagai pemenang etape pertama serta Amir Kolahdozhgagh sebagai pemenang etape lima. Untuk etape dua, direbut oleh Jocab Kauffamann dari Budget Forklifs, etape tiga direbut oleh Johan Coenen dari Team Differdange-Losch dan etape empat dipegang Loh Sea Keong dari OCBC Singapura.

(B016/D007)

View this post on my blog

0 comments:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog