Wah...Bunga Sepatu Bisa Dibuat Kue Kering

Johan Sompotan - Okezone
Kamis, 6 Juni 2013 19:15 wib

SELAMA ini, bunga kembang sepatu sebatas dijadikan tanaman hias. Tapi bagaimana bila bunga kembang sepatu diolah menjadi makanan yang lezat?  
Yup, itulah yang dilakukan oleh mahasiswa kedokteran dan farmasi Universitas Gadjah Mada (UGM) yang mengubah bunga kembang sepatu menjadi bahan baku utama produk makanan, seperti cookies (kue kering), puding, serta permen jelly.
 
"Bunga sepatu itu kaya akan kandungan gizi dan nutrisi, di dalamnya terdapat vitamin c, mineral, dan senyawa oksidan. Nah, mulai dari situ, kami mencoba untuk mengubahnya menjadi makanan dan ternyata rasanya enak sekali," ucap Venni, salah satu mahasiswa kedokteran dan farmasi UGM, seperti dilansir UGM, Kamis (6/6/2013).
 
Untuk membuat makanan, bunga kembang sepatu yang dibutuhkan sebatas mengambil bagian mahkotanya saja. Kemudian dihaluskan dan dijadikan bahan tambahan adonan untuk membuat kue kering.
 
Dalam membuat adonan, maka dibutuhkan satu kilogram (kg) adonan dan memakai 1/4 kg bunga kembang sepatu.
 
Guna mendapatkan bahan bakunya, terutama bunga kembang sepatu, para mahasiswa ini mencari ke pelosok daerah di Yogyakarta. Namun, untuk membeli bunga kembang sepatu yang segar dibanderol seharga Rp7.500.

(ftr)

View this post on my blog

0 comments:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog