Tornado Masih Ancam Oklahoma

  • Penulis :
  • Josephus Primus
  • Sabtu, 1 Juni 2013 | 14:05 WIB

KOMPAS.com — Paling tidak, hingga Sabtu (1/6/2013), tornado masih akan mengancam Oklahoma. Maka dari itulah, Dinas Ramalan Cuaca Nasional AS mengeluarkan peringatan bahaya. Khususnya, untuk warga Oklahoma dan sekitarnya. Warta AP menunjukkan hal tersebut.

Lembaga itu juga mengatakan kondisi cuaca masih dalam kategori membahayakan. Padahal, sejak Kamis hingga Jumat, angin puting beliung sudah meluluhlantakkan wilayah itu.

Ramalan lembaga itu juga mengatakan beberapa tornado kuat bakal datang membawa hujan salju setebal hingga empat inci. Kecepatan angin mencapai 80 mil per jam. "Massa air yang sangat tidak stabil telah terkembang di banyak wilayah Oklahoma Tengah dan Timur," kata dinas ramalan cuaca tersebut di dalam peringatannya pada Jumat.

Badai di Oklahoma dan Arkansas pada Kamis menewaskan seorang sherif Arkansas County bernama Cody Carpenter dan membuat satu orang hilang dalam upaya penyelamatan melalui air. Sementara itu, tujuh orang lagi cedera di tempat lain, kata beberapa pejabat.

Seorang pria tewas di Tull, Arkansas, ketika satu pohon tumbang dan menimpa mobilnya selama terjangan tornado, kata Wakil Kepala Grant County Sheriff Pete Roberts. Seorang petugas keamanan mengatakan, mayat seorang perempuan ditemukan di genangan air pada Jumat.
    
Arkansas menerima sejumlah laporan mengenai kerusakan akibat terjangan angin, hujan lebat, dan kemungkinan tornado. Entergy Arkansas melaporkan sebanyak 15.000 orang tak memperoleh pasokan listrik, turun dari puncaknya sebanyak 30.000 pelanggan pada Jumat pagi.
    
Brian Smith, petugas ramalan National Weather Service di North Little Rock, mengatakan, tim penilai kerusakan sedang meneliti beberapa wilayah pada Jumat, setelah laporan diterima mengenai beberapa tornado menerjang wilayah tersebut. "Beberapa topan mengakibatkan kerusakan di jalur angin puting beliung itu dan hujan yang berulang kali mengguyur sehingga menimbulkan banjir bandang di seluruh Arkansas," katanya.
    
Little Rock menerima curah hujan lebih dari tiga inci per jam, memecah rekor bagi ibu kota negara bagian, sementara badai petir dan hujan lebat diramalkan masih mungkin menerpa pada Jumat, katanya menambahkan.
    
Badai petir yang berukuran sangat besar dan berlangsung lama yang dikenal sebagai supercells mengakibatkan tornado paling kuat, serta hujan es dan angin kencang lain yang berbahaya.
    
Oklahoma City dan Tulsa, serta Springfield, Missouri, diperkirakan menghadapi cuaca ekstrem dan tornado pada Jumat waktu setempat, kata Rich Thomson, kepala petugas ramalan cuaca di Storm Prediction Center, National Weather Service, di Norman, Oklahoma.

 

Editor : Josephus Primus

View this post on my blog

0 comments:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog