Tiga Manfaat Donor Darah

DONOR darah bukan hanya bermanfaat bagi penerima (recipient). Penelitian menunjukkan, setidaknya ada tiga manfaat menyumbang darah bagi pendonor.

Menyumbangkan darah mengurangi risiko serangan jantung dan bahkan kanker. Mendonor darah juga membakar 650 kalori untuk setiap liter yang diberikan.

Diperkirakan, tiga manfaat tersebut didapat dari turunnya kadar besi pendonor.

Besi mempengaruhi seberapa tebal dan lengket tekstur darah. Kadar besi yang tinggi menyebabkan darah menjadi lebih kental.

Kadar zat besi yang tinggi juga mempercepat proses oksidasi kolesterol. Hal ini dapat mempengaruhi konsistensi darah dan menciptakan risiko gesekan aliran darah melalui pembuluh. Karenanya, semakin tinggi kadar zat besi, semakin tinggi risiko keausan pada lapisan pembuluh arteri, hingga bisa berkontribusi terhadap penyakit kardiovaskular.

Mendonorkan darah secara konsisten bermanfaat mengencerkan darah, selain meregenerasi sel-sel darah.

Studi terhadap 2.682 orang di Finlandia, Inggris menyebut, pria dan wanita (usia 43 - 61 tahun) yang rutin mendonorkan darah setiap enam bulan sekali, berisiko 88 persen lebih kecil terkena serangan jantung dan stroke.

Demikian dilansir dailymail health, mengutip Journal of American Medical Association.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of the National cancer Institute juga menyebutkan, rutin mendonorkan darah bermanfaat menstabilkan kadar zat besi dalam darah, sehingga menekan risiko terkena kanker serta kerusakan akibat radikal bebas dalam tubuh.

Manfaat lain dari mendonorkan darah adalah membakar sejumlah besar kalori. Setelah menyumbangkan darah, tubuh menggantikan darah sejumlah volume yang hilang dalam waktu 48 jam, dan menggantikan sel darah merah dalam waktu empat sampai delapan minggu.

The University of California di San Diego memperkirakan bahwa untuk setiap satu liter darah yang disumbangkan, 650 kalori terbakar saat tubuh menggantikan (memproduksi) darah baru. 

Meskipun hal ini bisa dilihat sebagai cara upaya menarik menurunkan berat badan, pendonor lebih disarankan agar mengutamakan tujuan altruistik untuk kepentingan recipient bukan untuk diri mereka sendiri.

(Linda Putri/CN33)

Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad

View this post on my blog

0 comments:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog