Taiwan Diguncang Gempa 6,3 Skala Richter

TAIPEI, KOMPAS.com — Gempa bumi berkekuatan 6,3 skala Richter mengguncang ibu kota Taiwan, Taipei, Minggu (2/6/2013) pukul 13.43 waktu setempat. Guncangan juga sempat dirasakan hingga ke Hongkong yang berjarak 700 kilometer dari wilayah tersebut.

Pejabat setempat menjelaskan, guncangan membuat para warga Taipei berhamburan ke jalan dan menewaskan satu orang. Pusat gempa berada di 32 kilometer timur Taipei dengan kedalaman 10 kilometer. Gempa susulan dilaporkan juga terjadi setelah guncangan besar tersebut.

Sementara itu, petugas pemadam kebakaran mengabarkan bahwa yang meninggal itu adalah seorang pendaki di Gunung Ali, Taiwan Tengah, sedangkan dua pendaki lainnya dikabarkan selamat, meskipun dalam keadaan terluka akibat longsoran tanah.

Stasiun televisi lokal menayangkan longsoran tanah di gunung tersebut dan meninggalkan debu berwarna kuning. Pejabat setempat menjelaskan, pihaknya telah mengirimkan empat helikopter untuk membantu mengevakuasi regu pramuka yang sedang berkemah di lokasi itu.

Dampak dari kejadian itu, enam kereta api supercepat dibatalkan pemberangkatannya, tetapi dilaporkan tidak ada kerusakan yang terjadi akibat bencana tersebut. DI sisi lain, kegiatan operasional pembangkit listrik tenaga nuklir yang dijalankan Taiwan Power Co tidak ada masalah.

"Ini adalah bencana gempa bumi terbesar pada tahun ini, karena titik pusat gempa cukup dangkal dan itu terjadi di tengah pulau, sehingga guncangannya bisa dirasakan di seluruh pulau," ujar Lu Pei Ling, Wakil Kepala Pusat Seismologi Taiwan.

Sumber : AFP

Editor : Bambang Priyo Jatmiko

View this post on my blog

0 comments:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog