Pria Amerika Berhasil Tangkap Hiu Seberat 700 Kilogram

LOS ANGELES, KOMPAS.com — Seorang pria asal Texas, AS, berhasil menangkap seekor hiu mako terbesar yang pernah diketahui di perairan California.

Jasin Johnston menangkap hiu seberat hampir 700 kilogram itu setelah bertarung selama 2,5 jam. Demikian dilaporkan harian Orange County Register.

"Saya pernah berburu singa. Saya juga pernah berburu beruang coklat. Namun, saya tak pernah mengalami yang seperti ini," kata Johnston.

"Saya merasa seperti ada sebuah truk diesel seberat satu ton menyangkut di ujung joran saya," papar dia.

Keberhasilan Johnston menangkap ikan raksasa ini bisa jadi akan memecahkan rekor ikan hiu mako yang pernah tertangkap di Massachusetts pada 2001 lalu.

"Ikan ini harus diukur dahulu dan dipastikan memenuhi syarat-syarat yang diperlukan," kata koordinator rekor Asosiasi Olahraga Memancing Internasional, Jack Vitek.

Namun, penangkapan hiu mako ini dikecam kelompok pelindung hiu Shark Stewadars yang berbasis di California.

"Ikan itu seharusnya dilepaskan karena populasi hiu sangat terancam di seluruh dunia," kata Direktur Shark Stewards, David McGuire.

"Masyrakat harus melihat hiu sebagai hewan yang cantik dan penting untuk kehidupan laut," lanjut dia.

Menurut catatan Asosiasi Olahraga Memancing Internasional, hanya ada 23 dari 6.850 rekor ikan tangkapan dengan berat di atas 650 kilogram.

Tangkapan terbesar adalah seekor hiu putih seberat 1.200 kilogram yang ditangkap di perairan Australia pada 1959.

Ikan yang ditangkap di perairan California pada Senin lalu ini akan diawetkan dan disumbangkan ke Asosiasi Kelautan Nasional untuk keperluan penelitian.

 

Sumber : Sky News

Editor : Ervan Hardoko

View this post on my blog

0 comments:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog