Para Pengendali Lalu Lintas Udara Eropa Berencana Mogok Kerja

BRUSSELS, KOMPAS.com — Para petugas menara pengendali bandara di 11 negara Uni Eropa akan melakukan mogok kerja, Rabu (12/6/2013), sebagai bentuk protes atas rencana menciptakan wilayah udara Uni Eropa.

"Petugas menara kontrol di Belgia, Ceko, Italia, Portugal, dan Slowakia akan mogok bekerja," kata Francois Ballestero dari Federasi Pekerja Transportasi Eropa, Selasa (10/6/2013).

Sementara itu, lanjut Bellestero, bentuk lain dari aksi ini, termasuk kampanye informasi publik, akan digelar di Austria, Inggris, Bulgaria, Hongaria, dan Latvia.

Sementara di Perancis, pemogokan sudah berlangsung tiga hari karena para pekerja menara pengawas lalu lintas udara khawatir rencana Uni Eropa ini akan memengaruhi keselamatan dan kondisi kerja mereka.

Komisi Eropa menurut rencana akan memaparkan proposal untuk mempercepat reformasi sistem pengendalian lalu lintas udara Eropa sebagai bagian upaya membentuk "satu wilayah udara Eropa" yang sudah berlangsung selama satu dekade.

"Komisi merencanakan aturan yang akan meliberalisasi lebih jauh sektor ini dan memengaruhi jumlah pekerjaan," tambah Ballestero.

Federasi Pekerja Transportasi Eropa yang berbasis di Brussels mewakili sekitar 250.000 pekerja di sektor penerbangan, termasuk 25.000 orang pekerja menara pengendali lalu lintas udara di 27 negara Uni Eropa.

Uni Eropa sendiri berpendapat, dengan sistem lalu lintas udara yang menjadi satu, kapasitas lalu lintas udara bisa meningkat tiga kali lipat, meningkatkan keselamatan 10 kali lipat, mereduksi polusi sebesar 10 persen, dan memangkas biaya manajemen lalu lintas udara hingga 50 persen.

Terpisahnya sistem pengendalian udara diperkirakan memunculkan biaya tambahan mendekati 6,6 miliar dollar AS per tahun untuk maskapai dan penumpang pesawat udara.

Sistem yang ada saat ini juga menambah jarak terbang rata-rata 42 kilometer, yang mengakibatkan polusi tambahan dan menyebabkan banyak penundaan jadwal penerbangan.

View this post on my blog

0 comments:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog