Panglima TNI: Semua Kepala Staf Cocok Jadi Panglima

JAKARTA, KOMPAS.com - Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono mengatakan bahwa calon penggantinya bisa berasal dari jajaran kepala staf, baik Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara. Ketiganya dinilai memenuhi persyaratan dan akan ditentukan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Agus menegaskan, calon pengganti Panglima TNI harus berasal dari jajaran staf angkatan. Hal itu diatur dalam Undang-Undang TNI Nomor 34 Tahun 2004 tentang Pergantian Jabatan Panglima TNI.

"Pengganti Panglima TNI adalah yang menjabat sebagai kepala staf angkatan. Menurut saya semuanya cocok, karena sudah menjadi kepala staf angkatan," kata Agus, seusai menghadiri rapat bersama Komisi I DPR, di Gedung Parlemen, Jakarta, Senin (10/6/2013).

Seperti diberitakan, Presiden SBY akan mengganti Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono dan Kapolri Jenderal Timur Pradopo pada Agustus atau September nanti. Demikian seperti dikutip situs www.setkab.go.id, dari Majalah Tempo edisi 8-14 April. SBY mengatakan, pergantian itu dilakukan karena Panglima TNI akan memasuki masa pensiun. Sedangkan untuk Kapolri, masa jabatannya sampai Januari 2014, namun begitu Kapolri dianggap memiliki tugas penting berkaitan dengan Pemilu 2014 sehingga waktu pergantiannya tak bisa dilakukan di saat yang berdekatan dengan Pemilu.

Editor : Caroline Damanik

View this post on my blog

0 comments:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog