Heynckes dukung bintang Bayern menangi penghargaan dunia

Berlin (ANTARA News) - Pelatih yang akan hengkang Jupp Heynckes berharap bintang Bayern Munich dapat mengganggu dominasi Lionel Messi terhadap penghargaan pemain terbaik dunia, setelah sang juara Liga Champions mencatatkan "treble" yang bersejarah.

Penyerang Barcelona Messi (25), terpilih sebagai pemain terbaik dunia selama empat tahun terakhir, namun Heynckes berharap pemenang Ballond`Or 2013 akan datang dari kuartet bintang-bintang Bayern, lapor AFP.

"Asumsi saya itu akan datang dari empat pemain kami: mereka adalah kapten-kapten Philipp Lahm dan Bastian Schweinteiger, kemudian Franck Ribery atau Thomas Mueller," kata Heynckes.

"Bagi saya itu adalah empat kandidat yang harus menyapu bersih tahun ini."

Setelah memenangi gelar Liga Champions, kemenangan 3-2 Bayern atas VfB Stuttgart pada final Piala Jerman Sabtu membuat mereka menjadi tim Jerman pertama yang memenangi tiga gelar utama dalam semusim, yakni Eropa, piala, dan liga domestik.

Messi memenangi penghargaan Ballon d`Or pertamanya dari empat penghargaan berturut-turut pada 2009 setelah Barca meraih "treble", namun ia tetap meraih penghargaan tersebut setahun kemudian dan bukan pemain Inter Milan yang juga mencatatkan "treble" pada 2010.

Dan pada 2009, pemain Barca asal Brazil Rivaldo mengungguli David Beckham baik pada penghargaan Ballon d`Or dan Pemain Terbaik FIFA - yang saat itu masih terpisah - meski Manchester United menyapu bersih tiga gelar utama.

Faktanya Messi adalah satu-satunya pemain yang memenangi Ballon d`Or setelah klubnya meraih "treble".

Pada 1988 pemain AC Milan Marco van Basten mendapat penghargaan itu meski PSV Eindhoven mencatatkan "treble". Pada 1972, Ajax memenangi tiga trofi namun pemain Bayern Munich Franz Beckenbauer terpilih sebagai pemain terbaik Eropa, dan pada 1967 pemain Hungaria Florian Albert dari Ferencvaros yang meraih penghargaan individual meski Celtic membukukan tiga gelar.

Setelah timnya mematahkan atau menyamai 25 rekor untuk menjuarai Liga Jerman, Heynckes (68) akan mengungkapkan rencana-rencana masa depannya pada Selasa setelah mengakhiri masa kerja selama dua tahun sebagai pelatih Bayern.

Mantan pelatih Barcelona Pep Guardiola akan mengambil alih jabatan itu pada 26 Juni. (RF/I015)

View this post on my blog

0 comments:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog