Berburu Bahan Pokok Langka Lewat HP

  • Penulis :
  • Pieter P Gero
  • Minggu, 9 Juni 2013 | 22:53 WIB

CARACAS, KOMPAS.com — Warga Venezuela di ibu kota Caracas selama ini sibuk berburu barang kebutuhan pokok pangan atau kertas toilet yang murah ke sejumlah supermarket. Kini aksi perburuan ini kian mudah karena informasi soal lokasi penjualan bahan pokok langka dan murah bisa diakses lewat perangkat telepon genggam.

Kantor berita AP hari Minggu (9/6/2013) melaporkan, pemburu bahan pokok langka dan murah di Caracas harus berterima kasih kepada Jose Augusto Montiel yang berhasil mengembangkan perangkat lunak yang bisa menyediakan informasi tersebut. Aplikasi gratis ini dapat diakses dengan menggunakan peralatan telepon genggam.

Berbagai bahan pokok ini biasanya segera habis diborong di tengah sistem sosialisme yang diterapkan Venezuela sejak Presiden Hugo Chavez. Para pemburu barang-barang ini mencarinya saat dijual obral. Aplikasi soal obral bahan kebutuhan pokok ini sampai diunduh 12.000 kali per hari.

Abasteceme atau "Pasok saya" merupakan aplikasi berbasis android dan bisa diikuti lewat Google Maps untuk mencari lokasi. Aplikasi ini disiapkan dengan teknologi di mana para pemburu barang-barang murah dan langka ini bisa mengikutinya untuk mengetahui di mana lokasi sebuah produk bahan pokok tertentu yang langka sedang diobral.

Produk bahan pokok dasar seperti terigu gandum dan mentega acap kali habis dan sulit ditemukan di berbagai toko dan supermarket di seluruh Venezuela. Para ekonom mempersalahkan kondisi ini karena kebijakan pengawasan harga. Namun, Presiden Nicolas Maduro menuduh pedagang yang rakus berspekulasi dengan menahan barang-barang.

Editor : Hindra

View this post on my blog

0 comments:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog