Akademisi: Taufiq Kiemas nasionalis tulen mediator konflik

Bandarlampung (ANTARA News) - Ketua MPR Taufiq Kiemas yang wafat di Singapura, Sabtu (8/6), menurut akademisi dari Universitas Lampung Arizka Warganegara MA, adalah tokoh nasionalis tulen yang kerap menjadi mediator konflik berbagai kalangan.

Menurut dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Lampung (FISIP Unila) itu, di Bandarlampung, Minggu, Taufiq Kiemas selaku Ketua MPR yang juga sesepuh PDI Perjuangan itu adalah tokoh nasionalis tulen.

"Sejak muda beliau dikenal sebagai tokoh yang selalu memperjuangkan nilai Pancasila lewat beragam aktivitasnya," kata dia.

Arizka juga menyatakan bahwa ide-ide yang disampaikan Taufiq Kiemas itu, juga selalu identik dengan perjuangan Presiden pertama RI Ir Soekarno.

"Sebagai tokoh nasionalis, Pak Taufiq Kiemas kerapkali menjadi mediator dalam beragam konflik yang melibatkan kalangan internal maupun eksternal," ujar dia.

Taufiq Kiemas sebagai Ketua MPR juga kerap mensosialisasikan empat pilar kebangsaan, yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan RI, dalam setiap aktivitas beliau, katanya lagi.

"Sejujurnya kita kehilangan tokoh yang peduli terhadap empat pilar kebangsaan tersebut, tapi saya yakin akan muncul Taufiq Taufiq muda yang siap melanjutkan idealisme dan cita cita beliau," demikian Arizka.(B014/Z002)

View this post on my blog

0 comments:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog