1 dari 3 Orang di Inggris Abaikan Tanggal Kadaluwarsa Pada Kemasan Makanan

Jakarta - Pencantuman tanggal kadaluwarsa dalam kemasan makanan bertujuan untuk memberitahu konsumen tentang berapa lama sebuah produk tetap berkualitas baik sebelum dibuka. Setelah itu konsumen harus berhati-hati terhadap perubahan tekstur, warna, atau rasa pada makanan.

Penelitian menunjukkan, satu dari tiga warga Inggris tetap mengonsumsi makanan, walau tanggal 'use by' makanan tersebut sudah lewat. Satu dari tiga warga Inggris juga tetap mengonsumsi makanan yang sudah jatuh ke lantai. Sementara itu, satu dari lima warga Inggris mengaku tidak mencuci tangan sebelum menyiapkan makanan.

Berdasarkan temuan ini, the Food Standards Agency (FSA) menghimbau warga Inggris untuk menjaga kebersihan dapur dan kebiasaan makan mereka agar bisa mengatasi epidemi keracunan makanan yang terjadi lebih dari 1,7 juta kejadian per tahun.

Bakteri campylobacter menginfeksi sebanyak 460.000 orang di Inggris setiap tahunnya. 100 kematian pun terjadi setiap tahunnya akibat bakteri ini.

Penelitian FSA menunjukkan, bakteri ditemukan dalam dua pertiga daging ayam yang dijual di jalanan. Bakteri lainnya yang perlu dikhawatirkan adalah Salmonella, E.coli dan Listeria yang berisiko tinggi bagi ibu hamil dan bayi dalam rahim.

FSA menemukan, 85 persen orang di Inggris memeriksa keamanan makanan mereka dengan mencium makanan tersebut sebelum dikonsumsi. Sementara 68 persen mengandalkan pemeriksaan warna makanan sebelum dikonsumsi.

Menurut FSA, tak satu pun dari cara diatas yang bisa diandalkan untuk mengecek keamanan makanan dengan akurat. Pengecekan tanggal kadaluwarsa paling disarankan, karena penentuan tanggal ini berdasarkan pengujian ilmiah.

Untuk mengatasi kasus keracunan makanan, Inggris dan Uni Eropa merencanakan hal kontroversial. Mereka memperbolehkan daging segar disemprot dengan asam laktat untuk membunuh bakteri berbahaya.

Ahli keamanan pangan FSA, Bob Martin mengatakan, "Dengan tidak mencuci tangan sebelum menyiapkan makanan atau mengabaikan masa kadaluwarsa masyarakat bisa menderita penyakit yang tidak menyenangkan ini."

Sementara itu, pengawas makanan di Inggris pun telah membuat menu 'Kitchen Check' dalam website mereka untuk menyediakan panduan bagaimana memastikan keamanan makanan.

(odi/dyh)



Powered By WizardRSS.com | RFID Wallet Blocking Cards

View this post on my blog

0 comments:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog