Wedang Bangsawan, Minuman Sampah Bikin Tubuh Fit

CIREBON - Merasa lelah dalam perjalan panjang ke Cirebon, Jawa Barat, bisa Anda menyegarkan tubuh di Klapa Manis Restaurant. Coba Wedang Bangsawan yang menyehatkan.

Di Yogyakarta, Anda mengenal wedang uwuh. Minuman ini sebenarnya sama, hanya saja dibawa ke Cirebon dengan nama berbeda yang lebih mengarah pada Keraton.

"Ini sebenarnya dari Yogyakarta, kita bawa ke Cirebon lalu mengembangkannya menjadi minuman berkhasiat," kata Nono Suwarno, General Manager Klapa Manis Restaurant, saat ditemui Okezone di Cirebon, Jawa Barat, baru-baru ini.

Tambahnya, minuman ini pertama kali ditemukan oleh orang Keraton yang kemudian dihidangkan sehingga disebut sebagai minuman bangsawan. Manfaatnya sebagai minuman kesehatan untuk mengatasi pegal linu, masuk angin, dan memberikan rasa segar pada tubuh.

"Kalau lagi kurang fit, biasanya habis minum ini langsung terasa segar," lanjutnya.

Dilihat sekilas, minuman ini mirip sekumpulan sampah dari tanaman yang dihidangkan dalam gelas. Bagi sebagian orang, minuman ini disebut minuman sampah.

Minuman ini terdiri dari kayu secang, daun sirih, daun jeruk limo, jahe, dan pemanis dari gula batu. Jahe digeprek untuk memberikan rasa dan aroma lebih kuat. Selanjutnya, jahe diseduh dengan air panas. Semakin panas airnya, maka warna merah dari kayu secang semakin merah. Rasanya segar, manis, dan dominan jahe.

Segelas wedang bangsawan bisa menjadi pilihan Anda saat bersantap di Klapa Manis Restaurant dalam melepas lelah usai perjalan panjang. Lokasinya di Jalan Raya Bekasi-Kuningan, Gronggong, Jawa Barat. Seporsi harganya Rp12 ribu. Restoran buka dari pukul 10.00-22.00 WIB dan akhir pekan hingga pukul 23.00 WIB. (ftr)

View this post on my blog

0 comments:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog