Tolong Dok, Kelamin Saya Tak Bisa Mengeras

Selamat malam Dok. Ada yang ingin saya tanyakan yakni sudah 3 kali dalam 4 bulan terakhir ini, ketika akan berhubungan intim dengan istri, penis saya tidak dapat mengeras dan harus dirangsang dengan sentuhan saya sendiri. Padahal biasanya baru disentuh istri atau tubuh kita berdua bersentuhan langsung mengeras dan selama ini tidak pernah ada masalah.

Yang saya mau tanyakan apakah itu normal sesuai dengan usia saya dan usia pernikahan kami 9 tahun tapi belum mempunyai keturunan. Pernah pada bulan desember 2011 saya pernah minum jamu kuat lelaki pemberian teman saya, hanya untuk coba-coba membuktikan dan rasanya badan terasa lebih hangat dan lebih 'semangat'. Apakah ada efeknya dok? Sebelumnya saya ucapkan terimakasih atas jawabannya.

SM (Pria Menikah, 36 tahun), syafXXXXX@yahoo.com
Tinggi Badan 173 cm dan Berat Badan 86 kg

Jawaban

Yang Anda alami kemungkinan gangguan libido, hingga rangsangan seksual tidak bisa membuat Mr P mengeras.

Mengingat usia Anda relatif muda, 36 tahun, masa pernikahan sudah 9 tahun tapi belum diberkahi momongan, kemungkinan penyebab paling sering adalah kejenuhan, stres. Atau bisa pula kebugaran fisik Anda yang tidak optimal, misalnya jarang exercise fisik yang bersifat aerobik.

Dianjurkan Anda berkonsultasi dengan Dokter Keluarga Anda untuk memastikan penyebab dan terapinya.

Dr. Andri Wanananda MS
Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanegara Jakarta.


(mer/up)

Punya Pertanyaan Seputar Kesehatan? Silahkan Klik di Sini



Powered By WizardRSS.com | RFID Wallet Blocking Cards

View this post on my blog

0 comments:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog