Tiga lembaga survei hitung cepat Pilgub Jateng

Semarang (ANTARA News) - Sebanyak tiga lembaga survei akan melakukan penghitungan cepat atau "quick count" terhadap hasil pemungutan suara Pemilihan Gubernur Jawa Tengah pada Minggu (26/5).

Berdasarkan informasi yang dihimpun di Semarang, Sabtu malam, tiga lembaga survei itu adalah Lingkaran Survei Indonesia (LSI), Jaringan Survei Indonesi (JSI), dan Saifulmujani Research and Consulting (SMRC).

LSI akan memaparkan hasil penghitungan cepat di Hotel Santika Premiere Semarang mulai pukul 15.00 WIB, JSI di Gumaya Tower Hotel Semarang pukul 13.00 WIB, dan SMRC di Hotel Novotel Semarang pukul 14.00 WIB.

Di sela penghitungan cepat JSI, akan digelar diskusi dengan pembicara Wakil Direktur JSI Fajar Istamin, Direktur Riset Eka Kusmayadi, pengamat politik dari Universitas Diponegoro Budi Setiyono, Wakil Ketua DPD Partai Gerindra Jateng Wasiman, Wakil Ketua DPD Partai Demokrat Jateng Bambang Eko, dan anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR RI Hendrawan Supratikno.

Terkait dengan penghitungan suara cepat pada pelaksanaan Pilgub Jateng 2013, KPU Jateng akan membuat "real count" berdasarkan laporan dari Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

"`Real count` akan dilakukan hingga suara yang masuk mencapai 70 persen. Adapun waktunya, tergantung dari kecepatan rekan KPPS di 61.951 TPS yang memberikan laporan jumlah suara melalui pesan singkat telepon seluler," kata anggota KPU Jateng Andreas Pandiangan.

Kendati demikian, KPU Provinsi Jateng akan tetap menggunakan rekapitulasi suara untuk menentukan pasangan cagub yang memenangi Pilgub Jateng 2013.

Pasangan Hadi Prabowo dengan Don Murdono yang diusung koalisi enam partai politik, yakni PKS, PKB, Partai Gerindra, PPP, Partai Hanura, dan PKNU mendapat nomor urut 1.

Pasangan Bibit Waluyo dan Sudijono Sastroatmodjo yang diusung Partai Demokrat, Partai Golkar, dan PAN mendapat nomor urut 2, kemudian pasangan Ganjar Pranowo dan Heru Sudjatmoko yang diusung PDI Perjuangan mendapat nomor urut 3.

(KR-WSN/M029)

View this post on my blog

0 comments:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog