Tampil di Final Liga Europa, Chelsea Ingin Kebanggaan Lain

Jakarta - Walaupun tak meraih piala di kompetisi domestik, Chelsea paling tidak telah mencapai sebuah misi minimalnya, yaitu tetap berada di zona Liga Champions. Mereka ingin kebanggaan lain: gelar Liga Europa.

Kecuali Piala Dunia Antarklub, Chelsea telah memenangi semua trofi di level klub semenjak dibeli oleh konglomerat Rusia, Roman Abramovich. Gelar terakhir yang mereka raih adalah trofi Liga Champions musim lalu, yang merupakan titel Eropa kasta tertinggi pertama dalam sejarah mereka.

Setelah gagal mempertahankan piala itu -- hanya finis nomor tiga di fase grup --, Chelsea juga kehilangan kesempatan meraih gelar di musim ini ketika kalah dari klub Brasil, Corinthians, di final Piala Dunia Antarklub di Yokohama, Jepang, pertengahan Desember lalu.

Selanjutnya, John Terry dkk. kandas di semifinal Piala Liga Inggris, serta dihentikan Manchester City di babak semifinal Piala FA. Di kompetisi Premier League mereka juga kalah bersaing dengan duo Manchester: United dan City.

Baru pada akhir pekan lalu tim besutan Rafael Benitez itu memastikan diri finis di posisi empat besar, usai mengalahkan Aston Villa di pekan ke-37. Paling tidak, mereka tetap akan tampil di Liga Champions musim depan.

Kesempatan terakhir Chelsea untuk tidak bertangan hampa musim ini adalah di Europa League. Setelah terlempar di Liga Champions, mereka mampu bertahan di kompetisi kasta kedua di Eropa ini, dan akhirnya sampai ke jenjang final. "Si Biru" akan menghadapi wakil Portugal, Benfica, di Arena Amsterdam, Belanda, pada Rabu (15/5) lusa.

Selain untuk memenangi sebuah piala di musim ini, keistimewaan yang bisa dicapai Chelsea dengan memenangi final ini adalah sebuah rekor.

"Kami akan menjadi tim pertama yang berturut-turut menjuarai Liga Champions dan Europa League (di era UEFA Champions League)," tandas kiper Petr Cech.

"Itu akan menjadi sebuah pencapaian yang luar biasa dan memberikan kami sebuah trofi Eropa lagi untuk ditaruh di Stamford Bridge. Itu akan membanggakan kami."

Di masa lalu Chelsea juga pernah menjuarai kompetisi Eropa yang lain. Mereka dua kali merengkuh titel Piala Winners di tahun 1971 dan 1998. Mereka juga memiliki trofi Piala Super Eropa di tahun 1998.

Dengan demikian, apabila bisa mengatasi Benfica, trofi Chelsea di level Eropa memang akan bertambah.

(a2s/mfi)

View this post on my blog

0 comments:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog