Tak Hanya Bakar Kalori, Berciuman Punya 7 Manfaat Lain

Jakarta, Berciuman seringkali dilakukan untuk meningkatkan keintiman pasangan saat foreplay. Namun, selain dapat meningkatkan kedekatan dengan pasangan, aktivitas ini juga memberi manfaat bagi kesehatan.

Berikut 8 manfaat sehat berciuman bagi tubuh, seperti dilansir Times of India, Senin (20/5/2013):

1. Memperkuat ikatan dengan pasangan
Ciuman bisan menghasilkan hormon oksitosin yang mendekatkan Anda dengan pasangan. Hormon ini secara alami dapat membuat hubungan Anda dengan pasangan semakin dekat.

2. Meningkatkan kenikmatan seksual
Ciuman sebagai salah satu komponen yang dibutuhkan dalam momen bercinta dan foreplay dapat menjaga kesehatan jantung. Saat Anda dan pasangan menikmati momen bercinta, detak jantung akan semakin teratur dan aliran darah semakin lancar.

3. Meningkatkan sistem imun
Swapping atau menukar ludah adalah cara yang baik untuk menangkal virus terutama ketika berciuman. Selain itu, ciuman juga membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Pasangan yang rutin bercinta memiliki kekebalan tubuh yang lebih baik untuk melawan masalah kesehatan.

4. Membuat bahagia
Mencium dapat mengeluarkan endorfin, yang berfungsi untuk memberikan efek rasa bahagia. Jika Anda mengalami depresi, berciuman bisa menjadi obat alami yang lebih baik daripada langsung memutuskan untuk minum obat.

5. Mengurangi rasa nyeri
Selama berciuman, tubuh akan melepaskan adrenalin yang mampu mengurangi rasa nyeri. Cobalah mencium pasangan dengan keintiman fisik saat Anda sakit kepala, maka nyeri yang Anda rasakan akan berkurang.

6. Menurunkan stres
Jika Anda merasa kelelahan setelah beraktivitas seharian, itu merupakan akibat hormon kortisol yang merupakan hormon pemicu stres. Berciuman dapat menurunkan kadar kortisol, meningkatkan sistem endokrin, dan menjaga kesehatan otak. Oleh karena itu, untuk mengurangi stres, lakukan inisiatif untuk mencium pasangan dan Anda pasti akan merasa lebih baik.

7. Membakar kalori
Berciuman mungkin tidak membakar kalori sebanyak berlari di atas treadmill, namun aktivitas ini memompa metabolisme sekitar 2 kali dari tingkat biasa. Selain itu, ciuman juga melatih otot wajah dan menjaga elastisitas dengan mengencangkan otot-otot kulit wajah Anda.

8. Menjaga kesehatan mulut
Selain itu, menurut Match.com, berciuman dapat mencegah timbulnya plak mulut dan mencegah gigi berlubang dengan mendorong terciptanya air liur. Air liur ini membantu menjauhkan bakteri dari permukaan gigi.

"Berciuman adalah proses pembersihan alam. Air liur mencuci mulut dan membantu menghilangkan partikel makanan rongga penyebab yang menumpuk setelah makan," imbuh Heidi Hausauer, juru bicara Academy of General Dentistry.


(vit/vit)


Powered By WizardRSS.com | Full Text RSS Feed | Amazon Plugin Wordpress | Android Forums | Wordpress Tutorials

View this post on my blog

0 comments:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog