Survei: Jerman Negara Paling Berpengaruh di Dunia

Survei: Jerman Negara Paling Berpengaruh di Dunia

Jumat, 24 Mei 2013 | 13:09 WIB

LONDON, KOMPAS.com — Sebuah survei tahunan yang digelar BBC World Service menunjukkan bahwa Jerman menjadi negara yang paling populer di dunia.

Sebanyak 26.000 orang dari 25 negara di dunia ditanya untuk menentukan peringkat 16 negara di dunia terkait pengaruh positif dan negatifnya untuk masyarakat global.

Sebanyak 59 persen responden menilai Jerman memberi nilai positif untuk dunia. Di ujung lainnya, hanya 15 persen responden yang menganggap Iran memberikan kontribusi positif untuk masyarakat dunia.

Bahkan, warga Spanyol, yang negaranya menjadi "korban" Jerman terkait paket penyelamatan ekonomi, melihat Jerman sebagai negara yang baik. Sebanyak 68 persen warga Spanyol mengatakan, Jerman memiliki pengaruh positif.

Hanya warga Yunani yang menganggap Jerman sebagai negara berpengaruh buruk. Sebanyak 52 persen warga Yunani menganggap Jerman sebagai negara penyebar pengaruh buruk.

Pendapat warga Yunani ini tak lepas dari keteguhan Kanselir Angela Merkel yang bersikukuh dengan konsep penghematan fiskalnya terhadap Yunani.

Hasil survei ini membuat Jerman menggeser Jepang sebagai negeri dengan pengaruh paling positif di dunia. Jepang sendiri kini hanya dipilih 51 persen responden, padahal tahun lalu 58 persen responden masih mendukung Negeri Matahari Terbit.

Peringkat kedua ditempati Kanada, sedangkan Inggris di posisi ketiga. Adapun Pakistan, Korea Utara, dan Iran menjadi tiga negara di posisi terbawah.
 

 

View this post on my blog

0 comments:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog