Sulawesi Utara jadi sentra pengembangan bawang putih

Manado (ANTARA News) - Kementerian Pertanian menunjuk Sulawesi Utara  sebagai sentra pengembangan bawang putih, mulai pertengahan tahun ini.

"Lokasi yang kami pilih sebagai kawasan pengembangan bawang putih di Sulut adalah Desa Modoinding, Minahasa Selatan," Kata Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Sulut, Johanis Panelewen, di Manado, Kamis.

Ia mengatakan, kawasan Modoinding dipilih karena berada di dataran tinggi sehingga  cocok untuk mengembangkan tanaman tersebut.

Johanis mengatakan, jika nanti pengembangannya berhasil, maka Sulut dapat diproklamirkan sebagai sentra penghasil bawang putih di Indonesia.

"Bahkan jika nanti pengembangannya berhasil, maka pemerintah pusat, berani membuat regulasi untuk menahan impor bawang putih dari China, yang selama ini kita lakukan," kata Johanis.

Kepala Sub Bagian Penyusunan Program Dinas Pertanian dan Peternakan Sulut Ronny Erungan, mengatakan, kawasan yang akan dijadikan sebagai lokasi pengembangan tanaman bawang putih tersebut, seluas 10 hektar dan mulai dikembangkan kelompok tani.

Ia mengatakan, sebenarnya kawasan pengembangannya bukan hanya di Modoinding saja, tetapi sampai ke Modayag dan Pasi di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur.

View this post on my blog

0 comments:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog