Saham Tokyo ditutup 0,10 persen lebih tinggi

Tokyo (ANTARA News) - Indeks acuan Nikkei 225 di Bursa Efek Tokyo (TSE) berakhir 0,10 persen lebih tinggi pada Selasa, setelah sesi perdagangan berombak dengan sentimen investor cerah didukung kenaikan data ekonomi AS, sementara penguatan yen menekan pasar.

Nikkei bertambah 14,48 poin menjadi ditutup pada 14.326,46, sementara indeks Topix dari semua saham papan utama naik 0,91 persen atau 10,60 poin, menjadi 1.178,87.

Indeks utama sebagian besar tetap di wilayah positif selama sore menyusul sesi pagi yang volatil, setelah sebuah gerakan "roller-coaster" pekan lalu termasuk penurunan tajam satu hari sebesar 7,3 persen.

"Pemain masih terguncang dari kejatuhan sesi sebelumnya, meninggalkan pasar tanpa arah yang jelas," kata Hideyuki Ishiguro, asisten manajer strategi investasi di Okasan Securities.

Investor mengunci keuntungan setelah Nikkei melonjak sejak awal tahun, sebagian besar didorong oleh janji Perdana Menteri Shinzo Abe untuk memicu ekonomi nasional yang lesu dengan pengeluaran besar dan pelonggaran moneter agresif bank sentral, yang telah mendorong yen turun.

Semakin lemah mata uang, pada gilirannya, cenderung meningkatkan saham pengekspor Jepang karena membuat mereka lebih kompetitif di luar negeri dan meningkatkan nilai pendapatan asingnya ketika dipulangkan sehingga menambah keuntungan mereka.

Meskipun baru-baru ini mengalami volatilitas, pasar Tokyo tetap didukung baik, kata Kenichi Hirano, operating officer di Tachibana Securities.

"Dolar AS yang relatif tangguh, selera investor ritel yang lebih kuat dan fundamental yang mantap akan mendukung pasar," katanya kepada Dow Jones Newswires.

Dalam perdagangan saham, operator telepon seluler terbesar ketiga Jepang Softbank melonjak 2,11 persen menjadi 5.320 yen di tengah berita bahwa pemerintah AS menetapkan untuk menyetujui pengambilalihan Sprint Nextel senilai 20 miliar dolar AS.

Fast Retailing, operator jaringan pakaian murah Uniqlo, merosot 1,97 persen menjadi 37.350 yen, Toyota jatuh 0,16 persen menjadi 6.200 yen, Sony kehilangan 0,58 persen menjadi 2.066 yen, sementara Panasonic naik 0,36 persen menjadi 838 yen.

Dalam perdagangan valas di Tokyo, dolar dibeli 102,11 yen, melemah dari 102,32 yen di New York pada Selasa sore, sementara euro juga melemah menjadi 131,29 yen dari 131,61 yen di perdagangan AS, demikian AFP.
(A026/B012) 

View this post on my blog

0 comments:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog