Rel kereta api segera dibangun di Sulbar

Mamuju (ANTARA News) - Rel lintasan kereta api segera dibangun di Provinsi Sulawesi Barat dari Provinsi Sulawesi Selatan-Provinsi Sulawesi Tengah selanjutnya ke Provinsi Sulawesi Utara.

Kepala Biro Humas Pemprov Sulbar, Abdul Rasyid di Mamuju, Rabu mengatakan, Dirjen Perkeretapian Kementrian Perhubungan bersama dengan pemerintah di Sulbar telah menggagas rencana pembangunan rel kereta api di Sulbar.

Ia mengatakan, atas pertemuan itu maka Sulbar segera akan melakukan studi kelayakan untuk segera melakukan pembangunan rel kereta api di Sulbar.

Disamping itu kata dia, juga akan mempersiapkan untuk melakukan ganti rugi lahan yang akan dilalui pembangunan rel kereta api disamping menyiapkan kebutuhan teknis lainnya.

Menurut dia, untuk mematangkan rencana pembangunan rel kereta api di sulawesi maka masih akan digagas pertemuan dengan melibatkan pemerintah provinsi di seluruh pulau sulawesi

Sebelumnya Gubernur Sulbar, Anwar Adnan Saleh mengatakan, sejumlah negara asing berebut untuk menanamkan investasinya dalam proyek pembangunan jaringan kereta api di Sulawesi.

"Negara Rusia, China, Jerman, Jepang, dan Korea telah menyatakan niatnya untuk menanamkan investasinya membangun jaringan kereta api di Sulawesi," kata Gubernur Sulbar, yang juga Ketua Badan Koordinasi Pembangunan Regional Sulawesi (BKPRS).

Ia mengatakan, negara asing itu nampaknya akan berebut dan bersaing untuk dapat membangun jaringan kereta api di Sulawesi, mengingat proyek tersebut sangat menjanjikan untuk dikembangkan.

Ia menyampaikan bahwa proyek pembangunan kereta api akan membawa perubahan ekonomi di Sulawesi karena aktivitas ekonomi masyarakat akan semakin terbantu karena mobilitas yang begitu cepat.

"Kekayaan alam daerah ini akan mudah diangkut dan perdagangan antardaerah di Sulawesi akan mengontribusi pembangunan ekonomi masing masing daerah di Sulawesi," katanya.

Menurut Gubernur, rencana awal pembangun rel kereta api di Sulawesi akan di mulai dari Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan melintasi Kota Pare-Pare menuju Mamuju Provinsi Sulbar, lalu menuju Provinsi Sulawesi Tengah.

Kemudian, kata dia, rel kereta api direncanakan dibangun dari Kota Palu menuju Kota Manado Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) yang berada di ujung utara Sulawesi. Sejumlah negara asing berebut untuk menanamkan investasinya dalam proyek pembangunan jaringan kereta api di Sulawesi. (KR-MFH/M019)

View this post on my blog

0 comments:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog