PVMBG turunkan status kawah timbang menjadi "waspada"

Purwokerto (ANTARA News) - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Bandung menurunkan status Kawah Timbang di Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jateng, dari "Siaga" menjadi "Waspada".

"Berdasarkan informasi yang kami terima dari PVMBG, penurunan status tersebut dilakukan pada pukul 16.00 WIB," kata petugas Posko Siaga Darurat Bencana Kawah Timbang Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarnegara Andri Sulistyo kepada Antara di Purwokerto, Rabu malam.

Menurut dia, penurunan status tersebut kemungkinan disebabkan aktivitas kegempaan di Kawah Timbang cenderung menurun dalam beberapa hari terakhir.

Kendati status Kawah Timbang telah turun, kata dia, sejumlah personel BPBD Banjarnegara dan sukarelawan masih disiagakan di Posko Siaga Darurat Bencana Kawah Timbang yang berlokasi di Rumah Dinas Camat Batur.

"Kami tetap disiagakan di posko karena status Kawah Timbang masih `Waspada`. Namun jumlah personel yang disiagakan berkurang dari sebelumnya," kata dia menjelaskan.

Saat dihubungi Antara dari Purwokerto, Kepala PVMBG Bandung Surono membenarkan adanya penurunan status Kawah Timbang dari "Siaga" menjadi "Waspada".

"Ya betul," katanya singkat.
(KR-SMT/D007)

View this post on my blog

0 comments:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog