Pemerintah Diminta Lebih Serius Realisasikan Swasembada Pangan

Pemerintah Diminta Lebih Serius Realisasikan Swasembada Pangan

Penulis : Imam Prihadiyoko | Kamis, 23 Mei 2013 | 15:45 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera Ecky Awal Mucharam meminta pemerintah serius merealisasikan program ketahanan pangan dengan target surplus beras 10 juta ton per tahun dan swasembada beberapa komoditas.

"Terkait dengan permasalahan lahan dan kesesuaian iklim swasembada sebaiknya difokuskan pada komoditas padi dan jagung," ujarnya di Jakarta, Kamis (23/5/2013).

Pemerintah perlu segera menyensus lahan pertanian produktif dan memastikan setiap pemerintah daerah menetapkan lahan pertanian produktif yang tidak boleh dikonversi dalam rangka pelaksanaan UU Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan. Terkait program ketahanan pangan, Fraksi PKS juga meminta pemerintah untuk secara sungguh-sungguh merealisasikan kebijakan Reforma Agraria untuk meningkatkan penguasaan lahan bagi petani sehingga akan meningkatkan produksi pangan nasional.

"Dan juga memberikan insentif berusaha tani dengan perbaikan infrastruktur, penyediaan benih gratis, peningkatan subsidi pupuk, adanya pembiayaan permodalan, asuransi gagal panen bagi petani, peningkatan besaran program ganti rugi lahan puso, bantuan alat dan mesin pertanian, serta jaminan pasar untuk produk lokal melalui kebijakan proteksi dan promosi secara integral," jelasnya.

Badan Pertanahan Nasional (BPN) dan Kementerian Kehutanan, menurutnya, perlu segera menyelesaikan permasalahan lahan-lahan potensial yang bermasalah dan bisa dimanfaatkan untuk peningkatan produksi.

View this post on my blog

0 comments:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog