Pele Ikut Sanjung Fergie

Manchester - Sudah sederet pesohor dunia sepakbola memberikan komentar soal Sir Alex Ferguson. Kini daftar tersebut ditambah oleh legenda asal Brasil, Pele.

Pele dalam kicauan di akun Twitter resminya menyebut bahwa Fergie adalah salah satu idolanya. Tidak hanya itu, dia juga menyebut bahwa manajer asal Skotlandia itu adalah seorang legenda.

"Sir Alex, Anda adalah pelatih idola saya, dan Anda adalah contoh buat generasi-generasi di masa depan," tulis Pele.

"Sir Alex, Anda adalah legenda dan pencapaian Anda sepertinya sulit untuk disamai," lanjutnya.

Lahir di Glasgow 31 Desember 1941, atau 71 tahun silam, Fergie mulai berkenalan dengan dunia manajer pada Juni 1974 saat ditunjuk menjadi manajer East Stirlingshire. Saat itu usianya baru 32 tahun.

Cuma sesaat ia di sana karena setelah itu Fergie hijrah untuk menangani St. Mirren. Di sini ia mulai mencatatkan sukses pertamanya sebagai manajer, dengan mengantar klub itu menjuarai Divisi Pertama Skotlandia--kasta kedua--musim 1976-77.

Selepas St. Mirren, yang ia tangani periode 1974–1978, Fergie kemudian memanajeri salah satu klub tenar Skotlandia, Aberdeen. Di sini ia kian mencuri nama sebagai manajer, setelah mengantar klub itu menyabet sederet gelar pada periode 1978–1986.

Ia di antaranya sukses membawa Aberdeen meraih tiga gelar Liga Primer Skotlandia dan satu trofi Piala Winners. Sentuhan tangannya untuk Aberdeen membuat Fergie sempat dikaitkan dengan klub Liga Primer Inggris, Arsenal dan Tottenham Hotspur.

Sampai dengan pada 6 November 1986. Fergie bersepakat dengan MU untuk menjadi manajer klub tersebut. Di sinilah kemudian karier Fergie yang bergelimang trofi dimulai--termasuk saat MU menjadi treble winner musim 1998-99.

Tak sekali-dua Fergie mendapatkan tekanan akibat hasil yang dituai MU di atas lapangan, termasuk di awal kariernya. Tetapi ia tetap kokoh di posisinya dan baru akan pensiun sebagai manajer di akhir musim ini, ketika sudah berhasil mengantar MU mengamankan gelar Liga Primer Inggris. Dari 49 trofi yang ia persembahkan untuk klub-klub yang pernah ditanganinya, 38 trofi di antaranya Fergie capai bersama MU.

(roz/roz)

View this post on my blog

0 comments:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog