Lekker, Garam Masala

GARAM masala sering disebut-sebut dalam hidangan India sebagai bumbu kunci masakan. Apa sebenarnya bumbu ini? Rupanya bumbu khas masakan India ini merupakan campuran dari berbagai macam bumbu dapur dan sudah dikemas dalam bentuk bubuk.

Menurut masyarakat India, garam masala adalah perpaduan bumbu hangat atau lebih dikenal dengan bumbu kering. Garam Masala bisa digunakan sendiri atau digabungkan dengan bumbu lainnya. Umumnya, garam masala terdiri atas merica, cengkih, jinten, pala, kapulaga, adas, ketumbar, dan beberapa bumbu lain. Campurannya bisa sangat bervariasi, bergantung pada daerah dan selera penggunanya.

Untuk jenis bumbu ini, kadang dicampur juga dengan merica hitam dan cabai. Satu lagi, yang dikenal sebagai bumbu dasar makanan India adalah sambar masala. Bumbu ini berupa campuran bumbu yang terdiri atas ketumbar, kunyit, cabai merah, jintan, merica hitam, kacang-kacangan, adas manis, cengkih, pala, kayu manis, kapulaga, dan jahe kering.

Garam masala biasanya sudah tersedia dalam kemasan siap digunakan. Namun, kalau merasa kesulitan menemukannya, sebenarnya kita juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Bahanbahannya pun mudah ditemukan di pasar. Terdiri atas ketumbar bubuk, kapulaga bubuk, dan merica bubuk yang seluruhnya dicampur dengan takaran satu setengah sendok teh.

Kemudian siapkan bubuk cengkih dan pala masing-masing setengah sendok teh. Berikutnya, kayu manis bubuk dan jinten bubuk sebanyak satu sendok makan. Untuk pala, cukup setengah sendok teh. Selanjutnya tinggal mencampur rata seluruh bahan menjadi satu dan aduk rata.

Garam masala buatan Anda sendiri siap digunakan atau bisa disimpan di dalam wadah kering yang tertutup rapat. Simpan bumbu rempah ini di tempat kering (ftr)

View this post on my blog

0 comments:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog