Kepolisian Hanoi Sita Makanan "Daging Macan"

Makanan Ilegal

Kepolisian Hanoi Sita Makanan "Daging Macan"

Penulis : Wisnu Dewabrata | Kamis, 23 Mei 2013 | 12:05 WIB

Kompas/Agustinus Handoko

Ilustrasi: Sosis ayam yang diselundupkan dari Malaysia ke Kalbar, Kamis (16/5/2013) diamankan di BPOM Pontianak.

TERKAIT:

HANOI, KOMPAS.com — Kepolisian Hanoi, Vietnam, menyita sedikitnya 400 kardus produk makanan ringan berlabel "Daging Macan" serta berbagai macam camilan berbumbu produksi China lainnya, yang tidak diketahui bahan pembuatnya.

Seperti diwartakan situs web harian Tuoi Tre Vietnam, penggerebekan digelar, Selasa (21/5/2013), di sebuah bangunan milik Nguyen Thi Thuy di Klaster Industri Distrik Dan Phuong.

Kepada polisi, Thuy mengaku hanya tinggal meracik sendiri bahan-bahan yang ada dengan mengikuti resep dari pihak produsen asal China.

Per hari, mereka bisa memproduksi 100 kilogram makanan ringan daging kering itu. Camilan berbumbu produksi "Daging Macan" itu, menurut Thuy, juga dijual ke wilayah lain di Vietnam Selatan.

Produk makanan ringan itu sangat populer sejak pertama masuk November lalu. Namun begitu, otoritas dan distributor di Vietnam tidak tahu dari bahan apa makanan ringan itu dibikin.

Pada bagian kemasannya, banyak tertulis keterangan, tetapi dalam karakter China. Ada juga tanda standardisasi ISO, tetapi diragukan kebenarannya.

Sementara camilan daging kering berbumbu itu berwarna coklat, lengket, kenyal, dan berbau aneh.

Rasanya pun dominan asin dan manis. Produk-produk makanan ringan murah China memang semakin membanjiri pasar Vietnam. Kondisi itu mengkhawatirkan.

Editor :

Tjahja Gunawan Diredja

View this post on my blog

0 comments:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog