Jenazah Abu Roban Segera Dipulangkan ke Keluarga

JAKARTA, KOMPAS.com — Hasil tes DNA antara jenazah tersangka teroris Abu Roban alias Bambang Nangka alias Untung dan keluarganya dinyatakan cocok. Pengembalian jenazah Abu Roban ke pihak keluarga segera dilakukan dalam waktu dekat.

"Sudah diambil, sampel DNA untuk Abu Roban. Sudah selesai dan match. Proses pengembalian masih dikoordinasikan," ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigadir Jenderal Boy Rafli Amar di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (24/5/2013).

Keluarga Abu Roban datang dari daerah Jawa Tengah ke Rumah Sakit Polri. Menurut Boy, keluarga belum memastikan lokasi pemakaman jenazah pimpinan kelompok teror itu. Jenazah Abu Roban sudah dua pekan lebih berada di Rumah Sakit Polri, Kramat Jati.

Sebelumnya, sudah ada pihak yang mengaku keluarga Abu Roban dan menjalani tes DNA. Namun, hasilnya negatif. Akhirnya, tim Disaster Victim Identification (DVI) kembali mendapatkan sampel pembanding lain dan dinyatakan cocok. Abu Roban alias Bambang Nangka alias Untung tewas saat baku tembak dengan Detasemen Khusus 88 Antiteror Polri di Batang, Kendal, Jawa Tengah, Rabu (8/5/2013). Setelah itu, jenazahnya dibawa ke RS Polri, Jakarta Timur.

Dari tujuh jenazah yang tewas dalam penyergapan oleh Densus di sejumlah lokasi, dua jenazah telah dibawa pihak keluarga. Keduanya, yakni Budi alias Angga yang tewas dalam penyergapan di Bandung, Jawa Barat; dan Achmad Basori alias Bastari yang tewas di Kebumen, Jawa Tengah.

"Jadi ada yang masih proses identifikasi, empat orang," terang Boy.

Kelompok pimpinan Abu Roban ini merupakan spesialis pengumpul dana untuk aksi teror. Mereka pernah melakukan sejumlah perampokan. Abu Roban diketahui terkait DPO teroris Poso, Santoso; dan Autat Rawa; serta Abu Omar, pemasok senjata api dari Filipina. Total anggota jaringan Abu Roban yang telah ditangkap adalah 28 orang. Sebanyak 8 di antaranya tewas, termasuk pelempar bom di pos polisi Tasikmalaya. Mereka diringkus di Jakarta, Tangerang Selatan, Kendal, Kebumen, Bandung, Solo, dan Lampung.

Lainnya, Polri telah membebaskan Iman Nurdin alias Iman Resal yang ditangkap di Tangerang Selatan karena tidak terbukti terlibat. Adapun yang resmi ditahan yakni 19 orang.

Editor :

Inggried Dwi Wedhaswary

View this post on my blog

0 comments:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog