Jalur selatan KA masih terganggu

Garut (ANTARA News) - Jalur selatan Kereta Api masih terganggau akibat gerbong kereta api Serayu kelas ekonomi jurusan Jakarta-Kroya anjlok kawasan Kersamanah, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Rabu.

Manager Humas DAOP 2 PT KAI, Bambang S Prayitno, mengatakan hingga pukul 22.00 WIB, gerbong yang anjlok masih dalam upaya evakuasi.

Proses evakuasi gerbong di jalur rel KM 221+4/5 Kampung Cikambangan, Desa Nanjungjaya, kata Bambang, terkendala hujan dengan kondisi rel berada pada lintasan tikungan.

"Masih terganggu tidak dapat dilintasi, gerbong masih ada di lokasi sedang dilakukan evakuasi," kata Bambang.

Agar perjalanan Kereta Api tetap berlangsung, kata Bambang, dilakukan pengalihan jalur pemberangkatan dari stasiun Bandung menuju Jawa Tengah dan Jawa Timur lintas Cirebon.

Selain itu, lanjut Bambang, diberlakukan pengalihan transportasi sementara dengan mengangkut penumpang Kereta Api yang tertahan di Stasiun Ciawi dan Cipeundeuy menggunakan kendaraan bus.

"Kereta Api yang akan mengambil jalur memutar lewat utara adalah Malabar, Bandung-Malang dan Mutiara Selatan, Bandung-Surabaya," katanya.

Sementara pengalihan transportasi dilakukan untuk penumpang Kereta Api 65 Lodaya Pagi jurusan Solo-Bandung yang tertahan di stasiun Cipeundeuy, Kabupaten Garut, diangkut menggunakan bus menuju Bandung.

Selanjutnya penumpang Kutojaya Selatan jurusan Kutoarjo-Kiaracondong yang tertahan di Stasiun Ciawi, Kabupaten Tasikmalaya diangkut menuju Kiaracondong, Bandung.

Penumpang Argowilis dari Surabaya diberhentikan di stasiun Tasikmalaya kemudian melanjutkan perjalanannya menggunakan bus menuju Bandung.

Sedangkan penumpang Lodaya Malam dan Kutojaya Selatan tujuan Kutoarjo diangkut bus dari Bandung menuju Stasiun Cipeundeuy untuk selanjutnya diberangkatkan menuju stasiun tujuan.

"Untuk semua penumpang terlebih dulu diberangkatkan menggunakan bus dari Kiaracondong menuju Ciepeundeuy sebelum naik Kereta Api ke stasiun tujuan," katanya.

Sebelumnya satu gerbong belakang dari tujuh rangkaian gerbong Kereta Api Serayu kelas ekonomi anjlok antara-Stasiun Warungbandrek dan Stasiun Bumiwaluya, sekitar pukul 13.50 WIB.

Peristiwa tersebut tidak menimbulkan korban jiwa, seluruh penumpang yang berada dalam gerbong anjlok dialihkan ke gerbong lainnya untuk melanjutkan perjalanan.(*)

View this post on my blog

0 comments:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog