Dunia Internasional Sambut Keinginan Korut

Dunia Internasional Sambut Keinginan Korut

Penulis : Josephus Primus | Sabtu, 25 Mei 2013 | 14:18 WIB

KOMPAS.com - Dunia internasional menyambut keinginan Korea Utara (Korut) untuk kembali ke meja perundingan soal nuklir. Keinginan Pyongyang itu, tulis Xinhua pada Sabtu (25/5/2013), muncul saat Utusan Khusus Korea Utara Choe Ryong Hae bertemu dengan Presiden China Xi Jinping di Beijing.

Korut ingin bekerja sama dengan pihak-pihak terkait untuk mencapai resolusi dialog dan konsultasi multilateral. Korut juga ingin berjumpa kembali di meja perundingan dengan enam mitra dialognya.

Lantaran keinginan itu, Rusia memberikan apresiasi kepada Korut. Meski, sampai kini, Amerika Serikat malahan belum menyampaikan komentar resminya. "AS berdiri di posisi sama dengan China untuk denuklirisasi di Semenanjung Korea,"kata pernyataan Kementerian Luar Negeri AS sebelumnya.

Kemudian, Korea Selatan (Korsel) juga sudah mengeluarkan pernyataan resmi menghargai keinginan Korut. "Korsel menyambut langkah positif Korut,"kata pihak Seoul.

Sementara itu, Jepang masih dinantikan untuk memberikan komentar soal langkah Korut ini. "Kami bersiap mengeluarkan pernyataan resmi,"demikian pihak Tokyo.

Korut ingin bekerja sama dengan pihak-pihak terkait untuk mencapai resolusi dialog dan konsultasi multilateral.

 

View this post on my blog

0 comments:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog