Dortmund: Nyaris Bangkrut lalu Dua Titel Bundesliga & Kini Final Liga Champions

Dortmund - Borussia Dortmund sempat hampir bangkrut delapan tahun lalu. Namun hanya dalam tiga musim terakhir ini, Die Borussen merebut dua titel Bundesliga dan sedang mengincar mimpi terindahnya, trofi Liga Champions.

Dortmund setelah sempat berjaya di awal tahun 2000-an diterpa krisis finansial yang membuat klub itu nyaris gulung tikar di tahun 2005, sebelum Bayern Munich meminjamkan mereka dua juta euro dua tahun sebelumnya demi menyehatkan kondisi keuangan.

Lambat laun Dortmund mulai bisa bernafas serta memperbaiki finansial mereka dan momentum kebangkitan itu hadir di tahun 2008 ketika seorang bernama Juergen Klopp hadir di sana.

Setelah di akhir musim 2007/2008 Dortmund menjalani musim yang buruk, Klopp pelan tapi pasti bermodalkan pemain muda memperbaiki performa klub asal Lembah Ruhr itu. Di musim 2009/2010 mereka bisa finis di lima besar.

Lalu semusim berikutnya lah polesan Klopp membuahkan hasil ketika nama-nama yang semula asing seperti Shinji Kagawa, Mario Goetze, Mats Hummels, Robert Lewandowski, Lucas Barrios, Nevan Subotic dll berhasil membawa klub itu menjadi juara Bundesliga.

Semusim berikutnya mereka juga sukses mengulanginya dan ditambah juga dengan gelar DFB Pokal. Sayang musim ini mereka gagal mengopi sukses itu karena kalah bersaing dengan Bayern yang begitu dominan.

Tapi di satu sisi Dortmund juga berhasil mewujudkan mimpi lainnya dengan tampil di final Liga Champions pertama sejak tahun 1996/1997 di mana musim ini mereka jadi kampiun usai mengalahkan Juventus 3-1. Lawan mereka adalah Bayern di Wembley pada 25 Mei mendatang.

Mimpi 16 tahun itu coba ingin mereka ulangi dan apabila berhasil itu akan jadi klimaks kesuksesan Dortmund bangkit dari keterpurukan yang hampir saja membuat nama klub itu hanya tinggal sejarah.

"Kami tidak punya apapun ketika saya datang ke sini tahun 2008. Banyak pemain yang baru mulai bermain di Bundesliga di umur 19 tahun; sekarang mereka sudah berumur 24 tahun. Mereka semua sudah siap untuk melakukan apapun untuk mewujudkan kemenangan di final," sahut Klopp di Reuters.

"Bayern sangat percaya diri, mereka lebih yakin bahwa mereka akan mengalahkan kami dan memenangi trofi ini, karena dalam beberapa kesempatan terakhir mereka sudah mencoba namun gagal. Hal itu bikin mereka kian termotivasi tentunya," lanjutnya.

"Kami tidak berpikir bahwa kami akan mudah memenanginya. Tapi kami merasa bahwa kami pun berkesempatan melakukannya. Dalam situasi seperti ini, kami cukup yakin melakukannya," demikian Klopp.

(mrp/mfi)

View this post on my blog

0 comments:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog