Cadangan benih nasional Rp3,7 juta/hektare

Makassar (ANTARA News) - Kementerian Pertanian menyiapkan bantuan senilai Rp3,7 juta/hektare untuk petani yang mengalami puso.

"Ada namanya di kementerian itu cadangan benih nasional, begitu puso kita proses dan cepat prosesnya," kata Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sulawesi Selatan Luthfie Halide di Makassar, Selasa.

Pada tahun-tahun sebelumnya, jika terjadi puso petani akan diberikan bantuan pengganti di antaranya berupa biaya pengolahan tanah dan pengadaan pupuk.

"Tahun lalu kalau tidak salah Rp3,7 juta per hektar. Tahun ini, masih sama dan itu langsung ditransfer ke rekening kelompok," katanya.

Pihaknya, saat ini masih melakukan pendataan menyusul laporan tentang sejumlah areal persawahan yang tergenang banjir diantaranya Kabupaten Luwu dan Soppeng.

"Kita di setiap kecamatan memiliki petugas di daerah, biasanya begitu terjadi banjir mereka inventarisasi melaporkan berapa luas yang tergenang kemudian satu minggu berikutnya kita evaluasi lagi. Sampai saat ini baru laporan banjir," jelasnya.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, kata dia, sawah yang terkena banjir dan mengalami puso akan memperoleh bantuan.

Pihaknya belum memperoleh informasi terakhir, berapa sawah yang menjelang panen yang terkena banjir.

View this post on my blog

0 comments:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog