Armada Kapal Perang India Kunjungi Malaysia

Latihan Bersama

Armada Kapal Perang India Kunjungi Malaysia

Penulis : Wisnu Dewabrata | Senin, 27 Mei 2013 | 13:09 WIB

militaryrussia.ru

Ilustrasi

TERKAIT:

PORT KLANG, KOMPAS.com — Empat kapal perang armada Angkatan Laut India berawak total 800 orang menggelar kunjungan persahabatan ke pelabuhan di Port Klang, Malaysia, selama lima hari.

Keempat kapal perang itu antara lain INS Satpura, INS Ranvijay, INS Kirch, dan INS Shakti, memang ditugaskan untuk beroperasi di kawasan perairan Laut China Selatan dan Samudra Pasifik barat.

Menurut komandan armada keempat kapal perang itu, Laksamana Muda Ajit Kumar, seperti diwartakan Asia News Network (ANN), Minggu (26/5/2013), dalam kunjungan resmi itu mereka juga akan menggelar sejumlah program latihan dengan AL Malaysia.

Latihan bersama dengan AL Malaysia (PASSEX) itu menurut Ajit diyakini bakal berkontribusi besar terhadap upaya menjaga perdamaian dan keamanan maritim di kawasan tersebut.

Latihan perang itu sendiri termasuk perang konvensional dan kerja sama aksi militer dalam menghadapi ancaman nonkonvensional di laut.

"Namun yang terpenting adalah AL kedua negara pernah bekerja sama," ujar Ajit. Lebih lanjut, armada kapal perang AL India itu juga akan menggelar kunjungan serupa ke Vietnam dan Filipina.

Seperti diketahui, Laut China Selatan adalah kawasan perairan sengketa yang mana sejumlah negara terlibat seperti China dan empat negara anggota organisasi kawasan Asia Tenggara (ASEAN), yaitu Malaysia, Vietnam, Filipina, dan Brunei Darussalam.

Editor :

Tjahja Gunawan Diredja

View this post on my blog

0 comments:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog