Adobe Pindahkan Photoshop ke Cloud

Jakarta - Photoshop, InDesign dan semua aplikasi Creative Suite dari Adobe, bakal dipindahkan ke cloud menjadi Creative Cloud. Perubahan ini berarti Adobe CS6 akan menjadi versi terakhir Creative Suite.

Ya, karena semua software Photoshop Adobe nantinya hanya akan tersedia secara berlangganan melalui internet. Software terbaru akan tersedia Juni dan memungkinkan semua dokumen disimpan online dan diakses melalui cloud.

Adobe mengatakan ada sejumlah keuntungan menggunakan layanan cloud. Disebutkan Adobe, ini akan menyederhanakan aktivitas berbagi dan berkolaborasi dalam sebuah proyek.

Jika pengguna telah menyesuaikan setting di satu komputer, mereka bisa mengaksesnya di komputer mana saja. Update dan upgrade pun diklaim lebih mudah dilakukan.

Sistem operasi termasuk Mac OS, Windows, iOS dan Android serta komunitas online creative Behance pun akan didukung sistem baru ini secara simultan.

"Kami menghadirkan versi baru desktop tool kami yang luar biasa," klaim David Wadhwani, Senior Vice President and General Manager for Digital Media Adobe, seperti dikutip dari New York Times, Rabu (8/5/2013).

Ada beberapa paket yang ditawarkan, berdasarkan jumlah produk yang diinginkan si pengguna, produk mana saja yang sudah dimiliki sebelumnya dan berapa lama si pengguna ingin berlangganan.

Misalnya, full Creative Cloud Service, termasuk semua software dalam Creative Suite 6 dengan kapasitas penyimpanan 20 GB, dibanderol USD 75 per bulan. Jika ingin berlangganan setahun penuh, harganya menjadi USD 50 per bulan.

Jika pengguna sudah memiliki Creative Suite 3, 4 atau 5, harga berlangganan menjadi USD 30 per bulan untuk satu tahun pertama, jika mereka menginginkan berlangganan tahunan.

Adobe mengatakan akan tetap menjual Creative Suite 6 versi fisik atau boks, namun tak lagi menyediakan update software untuk itu. Harganya tetap berada di kisaran USD 1.300 hingga USD 2.600 bergantung versinya.


(rns/sha)



Powered By WizardRSS.com | Full Text RSS Feed | Amazon Plugin Wordpress | Android Forums | Wordpress Tutorials

View this post on my blog

0 comments:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog